Info ASN Berita Aplikasi IDIS BKN (Integrated-Discipline)

Aplikasi IDIS BKN (Integrated-Discipline)

infoASN.ID – Aplikasi IDIS BKN (Integrated-Discipline)

Aplikasi IDIS BKN
Tangkapan layar website Aplikasi IDIS BKN (idis.bkn.go.id)

Penegakan norma, standar, prosedur, dan kriteria (NSPK) ASN yang menjadi tugas dan kewenangan Badan Kepegawaian Negara (BKN) terus dilakukan.

Setelah menyusun rancangan Peraturan Presiden tentang pengawasan dan pengendalian (Wasdal), kini BKN kembali menyiapkan sistem monitoring disiplin ASN secara nasional yang akan terintegrasi dengan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) yang dikelola BKN.

Dikutip dari laman resmi bkn.go.id, Deputi Bidang Wasdal BKN, Otok Kuswandaru menyampaikan sistem monitoring yang disingkat dengan sebutan Integrated-Discipline (I’DIS) dibangun sebagai bentuk early warning system untuk melakukan pengawasan dan pengendalian manajemen ASN, khususnya disiplin ASN pegawai secara nasional, dan memudahkan pembina kepegawaian masing-masing instansi dalam menetapkan atau menjatuhkan hukuman disiplin sesuai prosedur yang berlaku.

IDIS akan merekam track record integritas dan data kedisiplinan ASN sejak pengangkatan sampai memasuki masa pensiun.

Integrated-Discipline (I’Dis) merupakan sistem informasi pelaporan proses hukuman disiplin yang terintegrasi dengan sistem SAPK BKN.

Sistem informasi bertujuan untuk memberikan standar dan kemudahan dalam melakukan proses pelaporan hukuman disiplin, muolai dari identifikasi sampai pembuatan surat keputusan penjatuhan hukuman disiplin sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Adapun tahapan penggunaan sistem Aplikasi IDis dalam pelaporan pelanggaran disiplin secara umum adalah sebagai berikut:

Tahapan Penggunaan Sistem Aplikasi IDis BKN

Tahap 1 Sign in/ Register

User melakukan login atau mendaftar apabila belum memiliki akun I’DIS untuk melakukan pelaporan pelanggaran.

Login-Aplikasi-IDIS
Tangkapan Layar Halaman Login IDIS BKN

Tahap 2 Identifikasi Pelanggaran

Setelah melakukan login, maka pelapor akan mengidentifikasi dugaan pelanggaran serta meng-unggah bukti. Data pelapor dan terlapor akan diambil dari database SAPK.

Tahap 3 Verifikasi

Operator kepegawaian akan melakukan verifikasi tentang kelayakan atas laporan yang diterima. Apabila jenjang hukuman dalam kategori sedang, maka pemeriksaan melalui tim.

Tahap 4 Pemeriksaan

Pemeriksaan mulai dari pemanggilan, pembuatan BAP, dan penerbitan SK pemberian disiplin. Masing-masing proses akan secara otomatis membuat format baku output sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan

Tahap 5 Monitoring dan Evaluasi

Unit kerja yang membidangi pengawasan dan pengendalian atas norma, standra, prosedur, dan kriteria akan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap tiap tahapan yang dilakuak dalam pemberian hukuman disiplin. Data yang telah terverifikasi akan secara otomatis masuk kedalam database SAPK

Manfaat sistem informasi I’DIS

Data Realtime

Seluruh proses pelaporan disiplin pegawai secara nasional akan terdata secara realtime. Sehingga data yang terpisah-pisah secara nasional akan disatukan kedalam sistem I’DIS dan dijadikan bank data sebagai dasar pembuatan kebijakan kedepannya.

Efisiensi Proses

Pihak-pihak yang terkait selama proses pemberian hukuman disiplin pegawai, tidak perlu lagi memikirkan format-format serta membaca ketentuan peraturan perundang-undangan untuk menjalankan setiap proses. Sistem akan secara otomatis melakukan norma-norma dan prosedur yang ada pada peraturan yang berlaku secara umum.

Integrasi Data SAPK

Data kepegawaian pada SAPK di masing-masing instansi merupakan basis data dalam aplikasi I’DIS, sehingga apabila ada ketidaksesuaian data pada I’DIS maka harap melakukan pemutakhiran pada sistem SAPK.

Pengawasan

Setiap instansi akan diberikan user verifikasi dan pengawasan untuk melihat perkembangan proses pemberian hukuman disiplin. Pengawasan eksternal terhadap setiap proses yang dilakukan instansi akan dikelola oleh BKN

Aplikasi IDIS BKN ini dapat diakses melalui alamat https://idis.bkn.go.id/

11 Likes

Author: admin

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti Memberikan referensi, informasi akurat dan terpercaya seputar ASN, Sekolah Kedinasan, Materi dan Tryout SKD/SKB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 − three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.