Buat Para CPNS/ASN Kenali TASPEN Lebih Dekat Lewat Taspen Care

0
Syarat Pembuatan Taspen
Foto : finance.detik.com

infoASN.id – Beragam fasilitas akan diberikan bagi para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Salah satunya dari PT TASPEN (Persero) yang akan memproteksi sejak awal bertugas hingga saat pensiun tiba.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2015 tentang Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara yang telah diubah dengan PP Nomor 66 Tahun 2017 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2015, TASPEN mengelola program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yang merupakan perlindungan atas resiko kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja berupa perawatan, santunan, dan tunjangan cacat.

Sedangkan Jaminan Kematian (JKM) yang merupakan perlindungan atas resiko kematian bukan akibat kecelakaan kerja berupa santunan kematian dimana pesertanya terdiri dari PNS dan CPNS, Pejabat Negara, dan PPPK.

Agar CPNS lebih mudah mengetahui informasi produk dan layanan TASPEN, kini telah hadir layanan Taspen Care.

Apa itu Taspen Care?

Taspen Care adalah layanan terintegrasi dari PT Taspen (Persero) yang dapat digunakan peserta Taspen baik aktif maupun pensiunan untuk menyampaikan pertanyaan dan keluhan, download formulir pengajuan klaim, mengetahui jadwal mobil layanan taspen, dan berisi kamus ketaspenan.

Para peserta dapat mengunjungi website Taspen di www.taspen.co.id untuk menggunakan layanan Taspen Care ini. Dengan adanya sistem informasi layanan dengan Taspen Care ini, maka berdampak baik dan bermanfaat bagi para CPNS sebagai peserta TASPEN dalam memperoleh informasi terkait layanan TASPEN, serta pengajuan pertanyaan dan keluhan dapat dimonitoring dan ditindaklanjuti dengan segera.

Itulah mengapa Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan profesi idaman bagi banyak orang. Karir yang stabil menjadi salah satu alasan banyak orang bersaing untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil. Pemerintah kerap mendukung dan sangat mempedulikan kesejahteraan para ASN dan keluarganya. Ketika sudah saatnya ASN pensiun, mereka tetap mendapatkan hak bulanan yang saat ini dikelola oleh PT TASPEN (PERSERO).

Namun, tidak hanya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) aktif maupun pensiunan, TASPEN juga memberikan perlindungan kepada Calon PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sebagai informasi, PT TASPEN (PERSERO) adalah BUMN yang mengelola jaminan sosial bagi Aparatur Sipil Negera melalui program Tabungan Hari Tua (THT), Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM) terus berupaya untuk memberikan kemudahan demi terselenggaranya kesejahteraan ASN.

Didukung dengan inovasi – inovasi yang terus diberikan diantaranya aplikasi TASPEN Mobile V.2, TASPEN Otentikasi, Layanan Klaim Otomatis, dan Wirausaha Pintar. Sehingga keberadaan TASPEN dapat selalu dirasakan sejak peserta mulai aktif sebagai ASN, menjelang pensiun, hingga masa pensiun.

Persyaratan dalam mengurus TASPEN

A. Persyaratan Pembuatan Kartu Peserta Taspen:

  1. Fotocopy SK Pengangkatan sebagai CPNS
  2. Fotocopy SK Pengangkatan sebagai PNS
  3. Fotocopy daftar gaji (dilegalisir)
  4. Fotocopy keterangan pembayaran tunjangan keluarga (KP4)
  5. Surat Pernyataan melaksanakan Tugas (SPMT)

B. Persyaratan Pembuatan Kartu Peserta Taspen Pengganti karena hilang:

  1. Fotocopy SK Pengangkatan sebagai CPNS
  2. Fotocopy SK Pengangkatan sebagai PNS
  3. Fotocopy daftar gaji (dilegalisir)
  4. Fotocopy keterangan pembayaran tunjangan keluarga (KP4)
  5. Surat Pernyataan melaksanakan Tugas (SPMT)
  6. Surat Kehilangan dari Kepolisian asli dan fotocopy

Sumber : https://finance.detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.