infoASN.id – HOAKS, Rekrutmen CPNS Dibuka 23 Oktober 2019

Hoaks-Penerimaan-CPNS-Oktober-2019

Informasi seputar penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)  kembali beredar luas di masyarakat.

Kali ini, kabar menyebutkan bahwa pendaftaran resmi CPNS dan PPPK tersebut dibuka pada 23 Oktober 2019. Isu ini pun dibantah oleh Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan.

Narasi yang beredar:

Kabar disebarkan melalui pesan berantai aplikasi WhatsApp.

Pesan itu menyebutkan, pemerintah akan membuka 150.000 lowongan yang dibagi untuk tenaga pendidik dan kesehatan. Selain itu, berbagai lulusan yang akan direkrut dan sejumlah syarat dokumen dan ketentuan rekrutmen juga ada dalam pesan berantai tersebut.

Baca Juga :  Tahun 2020, Jokowi Tetap Berikan Gaji ke-13 dan THR bagi PNS

Masyarakat menanyakan kebenaran informasi ini melalui akun resmi Twitter BKN, @BKNgoid.

Dengan mengunggah tangkapan layar pesan yang beredar seperti gambar diatas, salah satu akun menuliskan “Selamat pagi @BKNgoid. Saya mau bertanya apa berita ini benar?”

Ini bunyi potongan pesan yang terlihat:
Resmi di buka pendaftaran CPNS dan PPPK (P3K) pada 23-10-2019 Pemerintah akan membuka penerimaan CPNS PPPK (P3K) tahap ke dua Tahun 2019! sebanyak* 150.000. Tenaga Guru (SD,SMP, SMU/SMK) sebanyak 100.000 orang; Tenaga Kesehatan (Dokter, Bidan, Perawat, dll) sebanyak 50.000 orang; Tenaga lainnya.

Adapun lulusan yang akan direkrut mulai dari tingkatan pendidikan lulusan SMU/SMK, D-III, D-IV & S-1 dari berbagai jurusan.
Berikut jurusan yg akan direkrut:
1. Guru SD
2. Guru SMP
3. Guru SMU/SMK
4. Dokter Umum
5. Dokter Spesialis
6. Dokter Gigi
7. Bidan
8. Perawat
9. Analis Kesehatan
10. Farmasi
11. Ilmu Kesehatan Masyarakat

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan membantah hal tersebut. “Tidak benar. Belum ada info detail tentang penerimaan ASN,” kata Ridwan kepada Kompas.com, Rabu (14/8/2019).

Baca Juga :  Mendikbud Menyampaikan Kabar Baik dari Menteri Keuangan untuk Guru Honorer

Seperti diketahui, pemerintah memang akan melakukan penerimaan ASN tahun 2019. Dikabarkan sebelumnya bahwa ada 254.173 formasi dialokasikan dalam rekrutmen tersebut.

Namun, pemerintah belum mengeluarkan informasi detail mengenai jadwal, syarat, dan tata cara seleksi.

Sumber : Kompas.com