Info ASN Berita Mendagri Minta ASN Sampaikan Program Jokowi

Mendagri Minta ASN Sampaikan Program Jokowi

Mendagri Minta ASN Sampaikan Program Jokowi
Mendagri Tjahjo Kumolo (Lamhot Aritonang/detikcom)

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap aktif menyampaikan program Presiden Jokowi, bukan malah mencela. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno merespons pernyataan Tjahjo dengan menegaskan netralitas ASN.

“Dia (Mendagri) seperti ingin menarik jarum sejarah kembali ke Orde Baru. Harusnya dia tahu ASN itu abdi negara, bukan abdi pemerintah. ASN harus netral karena ASN melayani seluruh rakyat tanpa melihat latar belakang partai,” ujar juru bicara BPN Suhud Aliynudin kepada wartawan, Sabtu (2/3/2019).

Tjahjo sebagai Mendagri, menurut Suhud, seharusnya memberi teladan yang baik. Pernyataan soal ASN yang diminta aktif menyampaikan program Jokowi dianggap berpotensi memunculkan kegaduhan di masyarakat.

Baca Juga :  165 Laporan Pelanggaran Netralitas ASN diterima Bawaslu, Jateng Terbanyak

“Kami khawatir pernyataan itu menjadi warning adanya mobilisasi secara halus terhadap ASN. Oleh karena itu, harus diwaspadai oleh semua pihak akan adanya potensi mobilisasi dan intimidasi terhadap ASN,” kata Suhud, yang juga politikus PKS.

Tjahjo, dalam acara Rakor Program Pengembangan SDM Kepala BPSDM se-Indonesia, di Yogyakarta, menyinggung soal kewajiban ASN mendukung pemerintahan Jokowi.

“Tugas kita ya harus mendukung, jangan sekarang ada netral, malah ada yang nggak mau tahu, ikut menyerang-menentang kebijakan pusat. Ada seorang gubernur yang sampai sekarang menentang kebijakan pusat, padahal dia dilantik presiden, padahal gubernur tangan kanan pemerintah pusat di daerah, tapi menentang sebuah keppres. Dia harus tegak lurus, ini kalau dibiarkan, bahaya negara kita ini,” kata Tjahjo.

“Sampaikanlah program Pak Jokowi-Jusuf Kalla, gubernur, dan bupati kepada masyarakat, itu kan boleh. Dia pimpinan kita yang sah dalam proses pemerintahan, jangan justru ASN mencela program pemerintah yang dia menikmati setiap hari gaji dan fasilitas yang ada,” lanjut Tjahjo.

Artikel ini dikutip dari : news.detik.com

7 Likes

Author: admin

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti Memberikan referensi, informasi akurat dan terpercaya seputar ASN, Sekolah Kedinasan, Materi dan Tryout SKD/SKB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + 19 =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.