Info ASN Berita Menpan : Jadwal Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019

Menpan : Jadwal Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019

infoASN.id – Menpan : Jadwal Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019

Jadwal Seleksi CPNS 2019Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB RI telah mengeluarkan Surat dengan nomor Nomor : B/1007/S.SM.01.00/2019 tanggal 01 Oktober Perihal Jadwal Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019 yang ditujukan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat dan Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah.

Dalam Surat tersebut disebutkan bahwa menindaklanjuti Keputusan Menteri PANRB Nomor 82 Tahun 2019 tentang Perubahan Penetapan dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019,

Serta memperhatikan usulan kebutuhan formasi yang disampaikan oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah melalui sistem elektronik (e-Formasi) sebagian besar perlu penyesuaian dengan Surat Menteri PANRB Nomor B/617/M.SM.01.00/2019 tanggal 17 Mei 2019 sehingga membutuhkan waktu pengolahan yang relatif lama.

Oleh karena itu, pelaksanaan seleksi CPNS formasi tahun 2019 yang semula direncanakan selesai pada tahun 2019, baru dapat dimulai Bulan Oktober 2019

Perubahan jadwal tersebut telah disepakati dalam rapat di Kementerian PANRB tanggal 30 September 2019 yang dihadiri unsur dari :

  1. Kementerian PANRB,
  2. Kementerian Keuangan (Ditjen Ariggaran, Ditjen Perimbangan Keuangan, dan Ditjen Perbendaharaan),
  3. Kementerian Dalam Negeri,
  4. Kementerian Kesehatan,
  5. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
  6. BKN,
  7. BPKP,
  8. Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta, dan
  9. Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur.
Baca Juga :  Inilah Beberapa Pertimbangan dalam Rekrutmen CPNS Tahun 2019

Kemenpan RB menyampaikan langkah-langkah yang harus ditempuh oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Pusat dan Daerah termasuk BKN, khususnya yang berkaitan dengan penganggaran untuk pelaksanaan seleksi CPNS formasi tahun 2019 agar :

  1. Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah segera menyiapkan alokasi anggaran yang dibutuhkan dalam tahun 2019 dan 2020, untuk:
    a. Pelaksanaan seleksi CPNS mulai dari Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), termasuk integrasi nilai SKD dan SKB.
    b. Penyediaan infrastruktur pendukung pelaksanaan seleksi CPNS antara lain tempat gedung, client computer (mandiri), jaringan komputer dan intemet, genset, serta sarana dan prasarana pendukung lainnya.
    c. Pelaksanaan seleksi sebagaimana huruf a bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara.
    d. Melakukan penyesuaian kebutuhan anggaran yang prioritas dalam tahun anggaran 2020.
  2. Badan Kepegawaian Negara (BKN)
    a. Menyusun rencana kebutuhan anggaran dalam rangka penyediaan infrastruktur antara lain. server. sarana pendukung lainnya. serta biaya operasional pelaksanaan seleksi menggunakan Computer Assisted Test (CAT).
    b. Menyampaikan kebutuhan anggaran thmaksud huruf a kepada Menteri Keuangan up Direktur Jenderal Anggaran
    c. Segera berkoordinasi dengan Kementerian/Lembaga/Pemenntah Daerah dalam rangka persiapan pelaksanaan seleksi CPNS.
    d. Memfastlitasi pelaksanaan seleksi CPNS pada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah
  3. Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah memastikan ketersediaan alokasi anggaran dalam rangka pelaksanaan seleksi CPNS 2019, mengingat pelaksanaan seleksi CPNS dilakukan pada awal Tahun Anggaran 2020. Untuk itu, diharapkan masing-masing Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah segera berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan. Khusus untuk Pemenntah Daerah agar berkoordinasi pula dengan Kementerian Dalam Negeri.
  4. Pada tahun anggaran 2020 akan dilaksanakan rekrutmen dan seleksi ASN yang penetapan formasinya paling cepat Bulan Juni Tahun 2020.
Baca Juga :  Penjelasan Kemenpan Tentang Syarat Minimal Pendidikan Bagi Pelamar CPNS Usia Maksimal 40 Tahun

Selengkapnya silahkan download Surat Menpan Jadwal Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019 DISINI

4 Likes

Author: admin

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti Memberikan referensi, informasi akurat dan terpercaya seputar ASN, Sekolah Kedinasan, Materi dan Tryout SKD/SKB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + seven =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.