Rapat Panselnas Evaluasi Hasil SKD : Rendahnya Jumlah Peserta Lolos Passing Grade Sekdin 2019

12

infoASn.id – Rapat Panselnas Evaluasi Hasil SKD : Rendahnya Jumlah Peserta Lolos Passing Grade Sekdin 2019

Rapat Panselnas Hasil SKD Sekolah Kedinasan
Foto : Humas bkn.go.id

Rapat awal Panselnas sekolah kedinasan (Sekdin) di tahun 2019 ini telah diselenggarakan dengan agenda evaluasi terkait Hasil SKD rekrutmen sekolah kedinasan (Sekdin) di tahun 2019 ini.

Dikutip dari laman bkn.go.id, Kepala BKN, Bima Haria Wibisana beserta para Deputi Badan Kepegawaian Negara (BKN) menghadiri rapat Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan instansi lain yakni Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jumat (24/05/2019).

Rapat Panselnas tersebut diselenggarakan sebagai bentuk evaluasi terkait rekrutmen sekolah kedinasan (Sekdin) di tahun 2019 ini.

Rendahnya jumlah peserta seleksi sekolah kedinasan (sekdin) yang lolos melampaui ambang batas pada tahap SKD menjadi bahan evaluasi dalam rapat tersebut.

Dari data kelulusan sementara yang diperoleh BKN, untuk Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dari 23.904 peserta yang mengikuti SKD hanya 9,26 persen peserta yang lolos ambang batas, sedangkan untuk Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) dari 3.070 peserta hanya 12,21 persen peserta yang lolos passing grade.

Untuk lolos dalam tahap SKD, peserta harus memenuhi nilai ambang batas yang telah ditentukan di setiap komponennya, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

“Menurunkan passing grade untuk memenuhi enam kali jumlah formasi yang ditentukan guna melanjutkan seleksi pada tahap selanjutnya tidak dapat menjadi solusi” tegas Bima Haria Wibisana.

Pihak sekolah dinas sangat menyayangkan apabila jumlah formasi yang telah ditentukan tidak terpenuhi.

Menyikapi hal tersebut, Panselnas masih menggodok solusi terbaik untuk menjadi pemecahan permasalahan.

Bagi Adik-adik peserta Seleksi Sekolah Kedinasan 2019 yang belum mengikuti SKD, agar lebih mempersiapkan diri dengan memperbanyak belajar dan latihan Soal CPNS Tahun 2018, juga latihan Simulasi CAT CPNS Online, pada link dibawah ini.

  • Bank Soal Latihan SKD CPNS – DISINI
  • Simulasi CAT Online CPNS Gratis – DISINI

Silahkan berikan komentar Anda dibawah ini.

Artikel ini pernah tayang di bkn.go.id – http://www.bkn.go.id/berita/dari-rapat-evaluasi-skd-sekdin-data-sementara-peserta-lolos-seleksi-sttd-capai-926

 

12 KOMENTAR

      • Yakin menurut nya ga adil penurunan PG jafi pakai jumlah gitu kalo pake jumlah makin ga adil soalnya yang lolos bisa aja ga lolos saat pengumuman dan jika kalo mau pake jumlah nilai jangan pake ambang batas saat pertama tama pake aja jumlah nilai variabel awal nya kan yang diujikan ambang batas bukan jumlah nilai tapi kok di bilang ga bisa menjadi solusi baik pusing euh “”

  1. Kalau banyak yang ndak lolos artinya TKD ketinggian, agaknya masing-masing PG dari 3 tes ( TKP, TIU dan TWK) diturunkan 1 digit, kayanya adil.( atau khususnya TKP nya ) karena soal TKP tidak ada jawaban yang absolut / 100% benar tapi berdasar skor nilai 1-5 ). Lagipula selektifitas masih ada tes Psikotes , dan kesehatan. Intinya kuato terpenuhi dan masih ada seleksi

  2. PG diturunkan berdasarkan selektifitas rasional, agar formasi terpenuhi. Amabang batas TWK( 75), TIU ( 80 ) TKP ( 143), khusus untuk TKP nilai ambang batas kurang tidak proprsional bila dibanding TWK dan TIU. Bisa diturunkan berapa digit, misal 1 digit. jadi ambang batas TKP skor 142. Alasannya. Tidak ada kebenaran mutlak 100%, di sola TKP karena nilai 1-5. Apalagi masih ada psikotes dan kesehatan .

  3. banyak yg ndak lolos disemua sekolah kedinasan, sudah jelas passing grade, ketinggian. Mereka bukan adik2 kita yg bodoh tapi sudah di seleksi di tahap 1. Para pengambil keputusan Jangan memaksakan diri tapi lihat fakta yg ada

    • Kita tunggu informasi selanjutnya, Apakah akan ada perubahan kebijakan terkait Passing Grade?
      Terima kasih atas masukannya

    • SKD sekolah kedinasan apa dan dimana?
      Jika jadwal SKD sudah dilaksanakan, maka peserta yang tidak ikut SKD sesuai jadwal otomatis dinyatakan gugur dan tidak bisa lagi ikut SKD

  4. Nilai ambang batas Tes tkp mnurut sy mestinya 140 jadi sesui dg nilai ambang batas tiu n twk
    Benar …penilaian tkp itu berdasarkan poin…bukai nilai
    Mhon tkp diturunkan…di semua tes kedinasan..trmsuk stan…rugi hy krn tkp …yg nilai tpa tbi sngt tinggi jd gugur.
    Pemerintah jg rugi jika mnerapkan hsl itu..krn anak2 pandai jd tersingkir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 − 14 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.