Contoh Soal TKP HOTS Paket 1

11

infoASN.id – Contoh Soal TKP HOTS Paket 1

Contoh-Soal-TKP-HOTS-infoasn

Berikut Admin akan membagikan beberapa CONTOH SOAL TKP HOTS (TES KARAKTERISTIK PRIBADI)

CONTOH SOAL TKP HOTS 1

Pagi ini seperti biasanya anda selalu sibuk dengan rutinitas dipekerjaan sebagai seorang customer service pada sebuah rumah sakit pemerintah. Ketika anda sedang asik bekerja datanglah seorang ibu-ibu tua yang ingin menanyakan prosedur penggunaan BPJS kesehatan untuk proses rawat inap anaknya yang sedang sakit dan membutuhkan perawatan secepatnya agar sakitnya tidak bertambah parah, Setelah anda menjelaskan panjang lebar dengan bahasa yang mudah dimengerti beberapa kali kepada sang ibu namun ternyata ibu tersebut tampak sangat kebingungan dan mengatakan bahwa dia tidak mengerti sama sekali dengan prosedur yang anda jelaskan, bagaimana sikap anda

A. Menjelaskan secara pelan pelan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh ibunya agar dia tahu maksud dari apa yang anda jelaskan

B. Menjelakan dengan sabar sembari mengajak sang ibu untuk tenang terlebih dahulu agar lebih focus ketika anda menjelaskan, jika masih kebingungan anda akan membantu ibu tersebut untuk proses pengurusannya

C. Menjelaskan secara perlahan tahapan demi tahapan yang harus dilakukan ibu tersebut dengan bahasa yang santun agar sang ibu paham maksud dari apa yang anda jelaskan

D. Meminta sang ibu untuk memanggil salah satu anggota keluarganya agar anda bisa menjelaskan hal tersebut kepadanya

E. Meminta teman anda yang lebih berpengalaman dalam melayani keluarga pasien yang kebingungan dalam memahami prosedur yang ada

Pembahasan

JAWABAN : DECAB (54321)

Topik Pelayanan public, Indikator daya tanggap terhadap pelayanan terhadap masyarakat, memenuhi kebutuhan penerima layanan dan segera mungkin, permasalahan pada soal ibu ibu tua yang tidak paham prosedur penggunaan BPJS untuk rawat inap padahal sudah anda jelaskan bahkan dengan bahasa yang mudah dimengerti tapi sang ibu tetap tidak paham, solusinya adalah menjelaskan kepada anggota kelurga yang lain.

 

CONTOH SOAL TKP HOTS 2
Awal tahun ini anda barus saja lulus dari sebuah Universitas ternama dengan predikat cumloude. Andapun mencoba peruntungan untuk melamar dibeberapa perusahaan. Setelah mengikuti beberapa kali proses seleksi dibeberapa perusahaan akhirnya anda diterima disebuah perusahaan yang terletak dipinggiran kota. Kemudian Anda memutuskan untuk mencari kontrakan disekitar lokasi perusahaan anda bekerja. Namun anda merasa tinggal di pinggiran kota memang sangat tidak mengenakkan. Mulai dari susahnya transportasi umum untuk ke kota, jauhnya fasilitas kesehatan, sampai jarangnya tepat hiburan sebagai pelepas stress jika pulang bekerja, tapi dengan tinggal di pinggiran kota membuat anda sering tiba tepat waktu di kantor, bagaimana sikap anda

A. Saya akan mencoba untuk bertahan semampunya untuk tetap tinggal di pinggiran kota karena akan membuat saya lebih dekat dengan lokasi perusahaan

B. Mencari tempat tinggal lain yang lebih nyaman, meskipun sedikit jauh dari lokasi perusahaan tempat anda bekerja

C. Mencari cara agar dapat menikmati kehidupan di daerah pinggiran kota yang lokasinya dekat dengan pekerjaan anda

D. Berusaha untuk bekerja lebih giat dengan harapan bisa mendapatkan fasilitas rumah dari kantor.

E. Menerima hal ini sebagai resiko dari pekerjaan yang anda ambil dan berusaha untuk tetap bisa merasa nyaman tinggal di daerah pinggiran
Pembahasan

JAWABAN : CEADB (54321)
Topik kemampuan beradaptasi, Indikator mampu beradaptasi dengan lingkungan baru serta bersifat menerima perubahan sebagai sebuah tantangan , permasalahan pada soal anda merasa bahwa tinggal di daerah pinggiran tidak mengenakan karena serba banyak kekurangan namun hal ini memudahkan untuk akses ke tempat kerja, solusi yang tepat adalah opsi C Mencari cara agar dapat menikmati kehidupan di daerah pinggiran kota yang lokasinya dekat dengan pekerjaan anda menunjukkan bahwa anda seorang yang mampu beradaptasi dengan suasana baru.

 

CONTOH SOAL TKP HOTS 3

Semenjak musim kemarau melanda negeri ini terutama didaerah tempat tinggal anda. Membuat masyarakat disekitar harus berhemat dalam penggunaan air untuk kebutuhan rumah tangga dan keperluan sehari-hari lainnya. Satu satunya sumber air yaitu berasal dari air PDAM yang mengalir disetiap rumah warga. Namun akhir-akhir ini aliran air tersebut sering mati, terutama pada saat pagi hari dimana semua orang membutuhkannya untuk berbagai aktivitas mulai dari memasak sampai dengan untuk kebutuhan mandi sebelum menjalankan aktivitas. Hal apa yang akan anda lakukan

A. Mengajukan protes kepada pihak penyedia jasa air yaitu PDAM agar pada saat pagi hari aliran air tidak mati karena ini merupakan hak warga

B. Santai saja, saya bisa meminta air untuk kebutuhan memasak dan mandi kepada tetangga

C. Menggunakan air seadanya untuk memasak dan kebutuhan mandi sebelum berangkat ke kantor agar tidak terlambat

D. Meminta suami/istri untuk membeli air gallon setiap harinya untuk kebutuhan memasak dan mandi anggota kelurga

E. Menampung air dimalam hari sebagai cadangan untuk kebutuhan dipagi hari

Pembahasan

JAWABAN : EDACB (54321)

Baca Juga :  Contoh Soal TKP HOTS Paket 8

Topik Kreatifitas dan Inovasi, Indikator mampu berfikitan kreatif dan imajinatif untuk mrnyelesaikan dan mencari solusi terhadap masalah, masalah dalam soal adalah musim kemarau membuat warga harus berhemat air, ditambah lagi air sering mati jika diwaktu pagi solusi yang paling tepat adalah opsi E Menampung air semalaman sebagai cadangan menunujukkan jika kita orang yang kreatif dapat mencari solusi atas sebuah permasalahan yang terjadi.

 

CONTOH SOAL TKP HOTS 4

Hari ini di kantor anda akan di adakan rapat besar terkait dengan kebijakan yang akan ditempuh oleh perusahaan dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan terhadapa masyarakat. Semua karyawan yang mewakili divisi masing-masing diminta untuk menyampaikan ide dan gagasan mereka pada saat rapat berlangsung, anda pun telah menyampaikan ide anda sebagai perwakilan dari divisi anda, namun rekan yang lain kurang mendukung ide dan gagasan yang anda ajukan karena dinilai tidak memiliki perubahan signifikan terhadap perusahaan kedepannya, sikap anda

A. Mencoba membicarakan lebih jauh dengan rekan perwakilan divisi yang lain maksud dari gagasan yang anda ajukan dan dampaknya terhadap perusahaan

B. Mencari dukungan dari ketua rapat, dengan memberikan data-data yang mendukung gagasan anda agar diterima

C. Membicarakan dengan rekan divisi lain untuk memadukan gagasan yang anda punya

D. Menggantinya dengan ide lain yang lebih baik dan dapat diterima oleh semua perwakilan divisi

E. Merumuskan ide tersebut secara detail agar rekan rekan yang lain mengerti bahwa gagasan yang anda sampaikan akan berdampak baik bagi kemajuan perusahaan

Pembahasan

JAWABAN : CDEAB (54321)

Topik kemampuan bekerjasa sama dalam kelompok, Indikator keterbukaan, saling bekerja sana dan selalu melibatkan orang lain , masalah gagasan anda dinilai kurang memberikan perubahan signifikan, solusi pertama yang bisa anda lakukan adalah memadukan gagasan anda dengan rekan yang lain seperi pada opsi C menunjukkan anda menerima pendapat orang lain dan berusaha tetap pada prinsip dengan kaloborasi dengan rekan yang lain.

 

CONTOH SOAL TKP HOTS 5

Anda merupakan seorang karyawan pada sebuah perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang transportasi. Siang ini akan di adakan sebuah diskusi singkat dengan pimpinan perusahaan. Semua karyawan diminta untuk memberikan usulan terkait peningkatan kualitas pelayanan terhadap pelanggan kedepannya agar banyak dari customer yang memakai jasa perusahaan anda, sikap anda

A. Memberikan usulan jika ingin meningkatkan pelayanan, perusahaan harus memenuhi semua hal yang diinginkan oleh pelanggan tanpa terkecuali

B. Mengusulkan Adanya jalur khusus untuk ibu hamil dan menyusui dan para lansia

C. Mengusulkan agar pada hari libur masal biaya tiket didiskon hingga 50% sehingga banyak dari pelanggan yang akan menggunakan jasa perusahaan anda

D. Memberikan usulan agar perusahaan menyediakan fasilitas kusus bagi ibu hamil, menyusui dan lansia

E. Menyusulkan agar alat transportasi yang digunakan selalu bersih dengan cara merekrut karyawan baru dengan gaji tinggi

Pembahasan

JAWABAN : DECBA (54321)

Topik Orientasi pada pelayanan, Indikator memberikan pelayanan terhadap pelanggan secara cepat dan mengerti kebutuhan pelanggan tapi disesuaikan dengan sop perusahaan , permasalahan ingin meningkatkan pelayanan, opsi D adalah opsi yang paling mungkin dengan memberikan fasilitas kusus kepada golongan ibu hamil, menyusui dan lansia agar merasa nyaman pada saat perjalanan. Jangan terjebak pada opsi A itu bukan jawaban yang diinginkan, perusahaan sudah punya sop jadi standart layanannya

 

SOAL TKP HOTS 6

Dengan naiknya biaya hidup dan harga barang yang serba mahal dan sulitnya lapangan pekerjaan membuat masyarakat merasa terjepit masalah perekonomian untuk memenuhi kebutuhan sehari
hari. Begitupun dengan anda sendiri yang hanya merupakan seorang karyawan perusahaan swasta dengan gaji yang sangat pas pasan setiap bulannya. Teman teman anda yang lain juga sering merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Banyak dari teman teman anda yang meminjam uang di aplikasi online dengan bunga yang tidak sedikit ditambah lagi jika melakukan pembayaran melebih tempo yang sudah ditentukan, mengakibatkan besar bunga bisa melebihi pinjaman, sikap anda jika dihadapkan pada permasalahan diatas

A. Menasehati teman-teman saya agar berhati hati untuk melakukan pinjaman online meskipun dengan prosedur yang lebih gampang

B. Tidak ingin melakukan hal yang sama bahkan dalam kondisi terdesak sekalipun

C. Berusaha agar tidak melakukan peminjaman agar tidak merasa kesulitan pada saat melakukan pembayaran nanti

D. Mencari tahu detail tentang perusahaan yang memberikan pinjaman jika suatu saat terpaksa harus melakukan peminjaman

E. Mencari tahu sejarah perusahaan dan menaseti teman teman yang lain agar berhati-hati

Pembahasan

JAWABAN DCBEA (54321)

Topik kemapuan mengendalikan diri, Indikator sikap dewasa dalam pengambilan sebuah tindakan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, permasalahan jika anda yang ada pada posisi teman anda, langkah yang tepat adalah opsi D Mencari tahu detail tentang perusahaan yang memberikan pinjaman jika suatu saat terpaksa harus melakukan peminjaman, menunjukkan anda orang yang bersikap dewasa dan mampu mengantisipasi sebuah kejadian dan mengambil keputusan

Baca Juga :  Download Bank Soal CPNS 2019/2020 Gratis, Kisi-kisi Soal CPNS Update..

 

SOAL TKP HOTS 7

Di kantor saya terkenal sebagia karyawan yang sering memberikan bantuan terhadap sesame rekan kerja dalam berbagai permasalahan yang mereka hadapi. Biasanya hal apa yang akan anda lakukan Saat rekan kerja anda membutuhkan bantuan anda

A. Saya akan langsung memberikan membantu sesuai dengan kemampuan saya dengan begitu dapat meringankan beban mereka

B. Saya akan membantu mereka, akan tetapi biasanya saya akan selesaikan dulu permasalahn saya, baru setelah itu membantu dengan iklas

C. Saya bertanya dahulu mengenai permasalahan yang mereka hadapi jika memungkinkan saya akan membantu.

D. Saya akan membantu tapi terlebih dahulu saya akan berfikir cukup lama untuk mencarikan solusi yang tepat atas permasalahan mereka

E. Saya bertanya dahulu jika saya mampu saya akan membantu tentunya terlebih dahulu mengerjakan pekerjaan saya

Pembahasan

JAWABAN CEABD (54321)

Topik Orientasi kepada orang lain, Indikator kepedulian terhadap orang lain membantu sesuai kapasitas dan kemampuan, pada saat orang lain meminta bantuan hal pertama yang harus anda lakukan adalah opsi C bertanya dahulu mengenai permasalahan yang mereka hadapi jika memungkinkan baru anda akan membantu, karena ga semua permasalahn teman anda dapat membantunya

 

SOAL TKP HOTS 8

Pagi ini anda meminta bawahan anda untuk melakukan tinjaun ke lokasi proyek yang kebetulan dibawah tanggung jawab anda. Namun lagi-;lagi bawahan anda tersebut mengingkari janjinya untuk melakukan tinjuan ke lokasi dengan berbagai alasan yang anda rasa kurang masuk akal. Sedangkan ini merupakan pekerjaan yang sangat penting demi menjaga nama baik perusahaan dan kepercayaan pemakai jasa perusahaan anda sikap anda,

A. Tidak lagi memberinya maaf karena ini sudah keterlaluan tidak mengindahkan perintah anda padahal itu adalah pekerjaan yang sangat penting

B. Berhenti memercayainya sejak kejadian pertama hingga selanjutnya

C. Melaporkan hal ini kepada pemilik perusahaan agar mendapatkan hukuman agar dia memahami tugasnya untuk masa yang akan datang

D.  Berani berkata tegas dengan menegurnya agar bertanggung jawab

E. Tidak cepat percaya dengannya jika diserahkan tugas lagi untuk kedepannya

Pembahasan

JAWABAN DCABE (54321)

Topik Kemampuan Menggerakkan dan Mengkordinir Orang lain, Indikator sebagai katalisator yang dapat mambawa perubahan dan mengatur bawahan, Permasalahan bawahan yang tidak menjalankan tugasnya dengan berbagai alasan, sebagai seorang atasan anda wajib menegurnya, karena bawahan anda adalah tanggung jawab anda, opsi D adalah yang paling tepat

 

SOAL TKP HOTS 9

Sebagai peserta lomba dalam HUT perusahaan di tempat saya bekerja, yang diikuti oleh semua kolega perusahaan, maka saya akan

A. Yang penting saya akan berpatisipasi mewakili perusahaan saya

B. Tak cukup berpartisipasi saja, saya harus menjadi juara

C. Paling penting tingkatkan kebersamaan antara tim & kolega

D. Kompetisi menjadi juara itu utama, agar menjaga nama baik perusahaan

E. Apapun yang saya lakukan untuk menjaga kebaikan perusahaan

Pembahasan

JAWABAN : BDECA (54321)

Topik semangat berprestasi, Indikator semangat kompetisi dan menggerakkan usaha untuk sukses, sebagai peserta lomba anda tentu harus memberikan penampilan terbaik anda untuk perusahaan dengan menjadi juara, hal ini menunjukkan anda karyawan yang semangat, penuh semangat dalam berkompetisi, mengerahkan usaha semaksimal mungkin

 

SOAL TKP HOTS 10

Ketika anda hendak berangkat ke kantor, anda melewati jalan raya dan anda melihat banyak orang membuang sampah di dekat tempat pembuangan sampah dan sampah tersebut berserahkan dipinggir jalan yang mengganggu pandangan dan jalannya kendaraan. Apakah yang akan anda lakukan melihat keadaan tersebut

A. Segera merapikan sampah itu tanpa pikir panjang, demi kepentingan penggguna jalan lain dan masyarakat banyak

B. Melewati dan membiarkannya begitu saja karena bukan tanggung jawab saya

C. Memberitahu orang yang ada disekitar jalan untuk memungut sampah tersebut dan membuah pada tempat pembuangan sampah yang telah disediakan

D. Memvidoe dan foto selanjutnya diviralkan melalui media sosial agar semua orang paham kondisi di sekitar tempat pembuangan sampah

E. Menelepon pihak berwenang yang bertanggung jawab dengan sampah ini

Pembahasan

JAWABAN CEDAB

Topik Kemampuan mengendalikan diri, Indikator kesadaran diri untuk melakukan tindakan yang diyakini kebenarannya untuk edukasi, anda melihat sampah berserahkan di dekat jalan tempat pembuangan sampah yang mengganggu jalannya kendraan, maka opsi C adalah yang paling benar dengan hal tersebut anda menunjukkan bahwa anda orang yang memiliki kesadaran diri, dan mengambil tindakan untuk solusi dari masalah yang ada untuk edukasi

Dapatkan juga Kumpulan Contoh Soal CPNS – DISINI
Tryout Simulasi CAT Online Gratis – DISINI
Join Channel Telegram InfoASN – DISINI

Contoh Soal TKP HOTS, Semoga bermanfaat ..!!!

11 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four − 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.