Cara Mengajukan Sanggahan Pada Masa Sanggah Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2019

0
Cara Mengajukan Sanggahan pada Masa Sanggah
infografis : Instagram BKN
Pelamar CPNS 2019 yang gagal dalam seleksi administrasi dapat mengajukan sanggahan pada massa sanggah, berikut Cara Mengajukan Sanggahan

 

infoASN.id – Penutupan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 tak serempak dilakukan. Beberapa Instansi telah menutup masa pendaftaran pada Selasa (27/11/2019).

Dilansir dari portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau SSCASN, bebarapa instansi masih membuka pendaftaran CPNS 2019 hingga Desember 2019.

Berbeda dengan tahun lalu, pada tahun ini pelamar yang dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi dapat mengajukan sanggahan atau keberatan terhadap hasil keputusan Instansi, pelamar dapat mengajukan sanggahan paling lama 3 (tiga) hari kalender setelah pengumuman hasil seleksi administrasi.

Apa yang dimaksud dengan masa sanggah?

Masa sanggah adalah waktu pengajuan sanggah yang diberikan kepada pelamar untuk melakukan sanggahan terhadap pengumuman hasil seleksi administrasi dan waktu tanggapan sanggah oleh instansi untuk memverifikasi kembali kesesuaian persyaratan umum dan khusus yang ditetapkan Instansi dengan dokumen persyaratan yang diajukan pelamar sampai dengan penetapan keputusan sanggah.

Baca Juga :  Info Terbaru Pengumuman Seleksi CPNS Kemenag 2019

Menurut jadwal, pengumuman hasil seleksi administrasi akan keluar pada 16 Desember 2019.

Sementara periode massa sanggah akan dilakukan selama tiga hari yakni mulai 16 – 19 Desember 2019.

Pelamar dapat melihat hasil seleksi administrasi pada website masing-masing instansi. Atau dapat dicek melalui portal SSCASN di sscasn.bkn.go.id dengan memasukan NIK dan password.

Bagi pelamar yang tidak lulus seleksi administrasi nantinya akan muncul tulisan seperti ini.

“Mohon Maaf. Anda tidak lulus tahap administrasi karena belum memenuhi persyaratan administrasi instansi yang dilamar.”

Pelamar juga akan mengetahui persyaratan administrasi apa saja yang dinilai tidak memenuhi.

Bagaimana cara pelamar dapat melakukan sanggahan?

Pelamar melakukan sanggahan pada halaman SSCN di https://sscn.bkn.go.id setelah pengumuman selekasi Administrasi.

form-masa-sanggah

  1. Untuk mengajukan sanggah terhadap hasil administrasi, pelamar wajib mengisi alasan menyanggah dokumen yang dinilai pihak instansi tidak memenuhi persyaratan.
  2. Pelamar tidak diperbolehkan untuk mengunggah dokumen baru.
  3. Pelamar hanya diwajibkan mengisi alasannya saja.
  4. Setelah memberikan alasan, maka pelamar dapat menandai checkbox dengan menyatakan bahwa alasan sanggah untuk alasan TMS persyaratan yang dibuat sesuai dengan dokumen sebenarnya dan apabila ternyata isian yang dibuat tidak sesuai dengan dokumen maka bersedia menanggung akibat hukum yang ditimbulkan.
  5. Kemudian klik tombol ‘Akhiri Proses Sanggah’ yang terdapat disamping tulisan checkbox.
Baca Juga :  Cara Mengecek Lolos atau Tidak dalam Seleksi Administrasi CPNS 2019

Alur dan syarat mengajukan sanggahan.

Adanya massa sanggah ini sebelumnya telah diberitahukan oleh BKN pada media sosial Instagram @BKNgoid pada 8 November 2019 lalu.

  1. Pelamar mengajukan sanggahan melalui Web SSCASN BKN maksimal 3 hari setelah pengumuman hasil seleksi administrasi.
  2. Verifikasi ulang oleh panitia pelaksana seleksi CPNS instansi
  3. Pengumuman sanggahan diterima atau ditolak maksimal 7 hari setelah berakhirnya waktu pengajuan sanggahan.

Demikian informasi “Cara Mengajukan Sanggahan Pada Masa Sanggah Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty + eighteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.