Pansel CPNS di Jateng Temukan Beberapa Peserta Tes Bawa Jimat

0

infoASN.id – Pansel CPNS di Jateng Temukan Beberapa Peserta Tes Bawa Jimat

Contoh jimat yang dibawa peserta tes CPNS/Foto: Dok. BKN

SEMARANG – Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) telah digelar. Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah berpesan kepada para peserta agar tak membawa jimat dalam pelaksanaannya.

Dilansir dari detik.com, pesan ini disampaikan karena masih ada saja peserta membekali diri dengan jimat saat tes CPNS di tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan, peserta CPNS 2019 lebih baik mempersiapkan diri dengan belajar ketimbang mencari hal-hal berbau klenik seperti jimat.

“Imbauan kami, tak usahlah percaya yang begitu-begitu (jimat), persiapkan diri anda dengan belajar yang sungguh-sungguh dari sekarang. Bisa juga dengan simulasi beberapa aplikasi online,” kata Paryono saat dihubungi detikcom, Jumat (10/1/2020).

Namun rupanya pesan tersebut masih ada saja yang mengabaikannya, Dilansir dari Kompas.com, Tim pelaksana seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Jawa Tengah menemukan beberapa peserta yang membawa jimat.

Baca Juga :  Lulus PG SKD Otomatis Ikut SKB? Inilah kata BKN

Barang itu ditemukan saat peserta seleksi CPNS diperiksa sebelum memasuki ruang ujian. Ketua Pelaksana Seleksi CPNS dari Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Mohamad Sidiq, mengatakan jimat yang dibawa selalu terdeteksi metal detector.

“Ada dua temuan jimat pada saat body checking berupa koin yang dibalut kertas rapal dan bentuk ketapel dari kayu. Kejadiannya hari Senin dan Selasa lalu.

Terus jadi viral,” jelas Sidiq saat ditemui Kompas.com di Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Kamis (06/02/2020).

Masih Pakai Seragam Menurut Sidiq, Jimat ditemukan saat berlangsungnya tahapan seleksi kemampuan dasar (SKD) untuk peserta dari Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Barang itu bisa ditemukan karena pemeriksaan untuk peserta seleksi CPNS sebelum masuk ke ruang tempat ujian berlangsung cukup ketat.

Baca Juga :  TIPS : Ingin Lulus Seleksi Sekolah Kedinasan? Kenali Dulu SKD berbasis CAT

Peserta hanya diperbolehkan membawa kartu ujian, kartu identitas dan air mineral. “Untuk tas dan yang lainnya dititipkan di tempat penitipan barang,” sebut Sidiq.

Saat ini seleksi CPNS sedang berlangsung tahapan SKD yang merupakan lanjutan setelah peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Mereka yang lolos tes SKD akan melanjutkan tes lanjutan yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Meski demikian, para peserta SKD yang lolos passing grade, belum tentu bisa mengikuti tahapan berikutnya.

Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB) nomor 23 tahun 2019.

Contohnya, kebutuhan formasi sebanyak 8 orang. Maka, angka itu kemudian dikalikan 3 sehingga didapatkan 24 peserta terbaik yang berhak mengikuti tes SKB.

Sumber : https://regional.kompas.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.