Info ASN Data Kepegawaian Tanya Jawab Pemutakhiran Data Mandiri ASN My SAPK 2021

Tanya Jawab Pemutakhiran Data Mandiri ASN My SAPK 2021

Tanya Jawab Pemutakhiran Data Mandiri ASN My SAPK 2021

infoASN.id – Tanya Jawab Pemutakhiran Data Mandiri ASN My SAPK 2021

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menetapkan Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 87 Tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data Mandiri ASN dan Pejabat Pimpinan Tinggi Non Aparatur Sipil Negara Secara Elektronik Tahun 2021.

Tujuan Pemutakhiran Data Mandiri adalah:

  1. Memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman dalam rangka penyelenggaraan pemutakhiran data mandiri ASN dan PPT Non ASN secara elektronik Tahun 2021;
  2. Mewujudkan data yang akurat, terkini, terpadu, berkualitas baik sehingga dapat menciptakan interoperabilitas Data ASN; dan
  3. Meningkatkan kualitas dan integritas Data dalam rangka mendukung terwujudnya Satu Data ASN dan kebijakan pemerintah di bidang manajemen Aparatur Sipil Negara.

Frequently Asked Questions Pemutakhiran Data Mandiri ASN

Apa itu Pemutakhiran Data Mandiri?
Pemutakhiran Data Mandiri adalah proses peremajaan dan pembaharuan data secara mandiri yang bertujuan untuk mewujudkan data yang akurat, terkini, terpadu, berkualitas baik sehingga dapat menciptakan interoperabilitas Data

Siapa saja yang wajib mengikuti Pemutakhiran Data Mandiri?
Aparatur Sipil Negara (PNS dan PPPK) dan Pejabat Pimpinan Tinggi Non-ASN

Apa yang dimaksud dengan ASN?
Aparatur Sipil Negara yang selanjutnya disingkat ASN adalah profesi bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah(PPPK).

Apa yang dimaksud dengan PNS?
Pegawai Negeri Sipil yang selanjutnya disingkat PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan.

Baca Juga :  Download Buku Petunjuk MySAPK v2.0 BKN

Apa yang dimaksud dengan PPPK?
Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

Apa yang dimaksud dengan PPT Non-ASN?
Pejabat Pimpinan Tinggi adalah Pegawai Non ASN yang menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi.

Siapa saja yang terlibat dalam PDM-ASN?
1. Pengguna
2. Verifikator
3. Approval
4. Admin

Apa saja data yang dimutakhirkan?
• Data Personal (Data yang berisi informasi mengenai data diri PNS)
• Data Riwayat (Data yang berisi informasi riwayat terakhir PNS disertai dengan data dukung)

Apa saja yang termasuk Data Riwayat?
• Riwayat Jabatan
• Riwayat SKP (2 tahun terakhir)
• Riwayat Penghargaan
• Riwayat Pangkat dan Golongan Ruang
• Riwayat Keluarga
• Riwayat Peninjauan Masa Kerja
• Riwayat Pindah Instansi
• Riwayat CLTN
• Riwayat CPNS/PNS
• Riwayat Organisasi

Aplikasi apa yang digunakan untuk pemutakhiran data mandiri?
ASN dan PPT Non-ASN dapat menggunakan aplikasi MySAPK berbasis mobile dan web untuk usul pemutakhiran data

Kapan pemutakhiran data mandiri dilaksanakan?
Usul Pemutakhiran Data Mandiri dilaksanakan mulai Bulan Juli 2021 sampai Bulan Desember 2021

Bagaimana cara untuk mengajukan perubahan data dari setiap Riwayat?
Alur untuk melakukan perubahan data dapat dilihat pada Buku Saku Pemutakhiran Data Mandiri

Baca Juga :  Jadwal Pemutakhiran Data Mandiri Melalui MY SAPK BKN

Dokumen apa saja yang harus diunggah untuk setiap Riwayat?
Untuk mengetahui dokumen yang perlu diunggah dapat dilihat pada Buku Saku Pemutakhiran Data Mandiri

Apa yang harus dilakukan jika belum memiliki dokumen yang akan diunggah?
Anda dapat mengusulkan pengajuan permasalahan data ke Pejabat Pengelola Kepegawaian di Instansi masing-masing

Bagaimana jika email yang diinput tidak sesuai?
Anda dapat menghubungi instansi untuk melakukan perbaikan alamat email

Bagaimana jika tidak menerima token aktivasi?
Anda dapat menghubungi instansi untuk melakukan pengecekan alamat email terkini yang terdata pada SAPK

Bagaimana jika tidak dapat mengakses MySAPK berbasis Mobile?
Anda dapat menggunakan aplikasi Mysapk berbasis web melalui portal https://pdm-asn.bkn.go.id

Bagaimana jika tidak bisa login ke MySAPK karena data tidak ditemukan?
Anda dapat menghubungi Instansi untuk melakukan pengecekan status kepegawaian anda apakah masih aktif, jika status tidak aktif, maka Instansi dapat mengajukan pengaktifkan status kepegawaian sesuai dengan peraturan yang berlaku

Bagaimana jika dokumen pendukung hilang ?
Anda dapat menghubungi instansi untuk mendapatkan salinan dokumen pendukung

Dokumen pendukung yang diunggah apakah dalam bentuk scan asli atau fotokopi?
Dokumen pendukung yang diunggah adalah scan asli dari dokumen yang ada.

Jika terdapat perbedaan data ASN, Cara penyelesaian permasalahan data ASN dapat lihat DI SINI

Baca Juga : Info PPPK terbaru — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

Referensi : https://pdm-asn.bkn.go.id/

8 Likes

Author: admin

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti Memberikan referensi, informasi akurat dan terpercaya seputar ASN, Sekolah Kedinasan, Materi dan Tryout SKD/SKB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + 4 =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.