Info ASN Jabatan Fungsional Uraian Tugas Jabatan Penyuluh Pajak Ahli Pertama

Uraian Tugas Jabatan Penyuluh Pajak Ahli Pertama

Uraian Tugas Jabatan Penyuluh Pajak Ahli Pertama

InfoASN.id – Uraian Tugas Jabatan Penyuluh Pajak Ahli Pertama

PENGERTIAN

Berdasarkan PERMENPAN RB Nomor 49 Tahun 2020 tentang Jabatan Fungsional Penyuluh Pajak, bahwa yang dimaksud dengan:

Penyuluh Pajak adalah PNS yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh Pejabat yang Berwenang untuk melakukan penyuluhan perpajakan.

Hasil Kerja adalah unsur kegiatan utama yang harus dicapai oleh Penyuluh Pajak sebagai prasyarat menduduki setiap jenjang Jabatan Fungsional Penyuluh Pajak.

Jabatan Fungsional Penyuluh Pajak termasuk dalam rumpun Imigrasi, Pajak dan Asisten Profesional yang berkaitan dan merupakan jabatan karir PNS.

Jabatan Fungsional Penyuluh Pajak merupakan Jabatan Fungsional kategori keahlian

Jenjang Jabatan Fungsional Penyuluh Pajak, terdiri atas:

  1. Penyuluh Pajak Ahli Pertama
  2. Penyuluh Pajak Ahli Muda, dan
  3. Penyuluh Pajak Ahli Madya

UNSUR KEGIATAN DAN TUGAS JABATAN

Tugas Jabatan Fungsional Penyuluh Pajak yaitu melaksanakan kegiatan Penyuluhan dan pengembangan Penyuluhan di bidang perpajakan yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perpajakan, serta mengubah perilaku masyarakat wajib pajak agar semakin paham, sadar, dan peduli dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya.

Untuk perkembangan karirnya, baik itu untuk syarat kenaikan pangkat maupun kenaikan jabatan, maka pejabat Penyuluh Pajak harus melaksanakan butir uraian tugas jabatan Penyuluh Pajak Ahli Pertama sesuai unsur dan sub unsur kegiatan yang telah diatur dalam Peraturan Perundangan

Unsur kegiatan tugas Jabatan Fungsional Penyuluh Pajak yang dapat dinilai Angka Kreditnya yaitu Penyuluhan dan pengembangan Penyuluhan yang terdiri atas sub-unsur:

  1. Penyuluhan langsung secara aktif,
  2. Penyuluhan langsung secara pasif,
  3. Penyuluhan tidak langsung satu arah,
  4. Penyuluhan tidak langsung dua arah,
  5. Penyuluhan tidak langsung melalui contact center dan Penyelesaian Administrasi Perpajakan,
  6. Penyuluhan melalui pihak ketiga, dan
  7. Penyusunan rekomendasi pengembangan Penyuluhan.

URAIAN TUGAS JABATAN PENYULUH PAJAK AHLI PERTAMA

Uraian Tugas Jabatan Penyuluh Pajak Ahli Pertama merupakan suatu paparan atas semua tugas jabatan yang dilakukan oleh pejabat Penyuluh Pajak yang ditetapkan kedalam butir kegiatan pekerjaan dalam melaksanakan kegiatan Penyuluhan dan pengembangan Penyuluhan di bidang perpajakan yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perpajakan, serta mengubah perilaku masyarakat wajib pajak agar semakin paham, sadar, dan peduli dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya.

Berikut butir kegiatan / uraian tugas jabatan Jabatan Fungsional Penyuluh Pajak Ahli Pertama meliputi:

  1. Penyuluhan langsung secara aktif:
    a) menyusun program Penyuluhan:

    1. menyusun rencana kerja per kegiatan (session plan) kegiatan Penyuluhan langsung secara aktif tingkat 1 (satu),
    2. melaksanakan pemantauan persiapan kegiatan Penyuluhan langsung secara aktif tingkat 1 (satu),
    3. menyusun instrumen survei kegiatan Penyuluhan langsung secara aktif tingkat 1 (satu).

    b) menyusun materi Penyuluhan:

    1. menyusun materi uji awal (pretest) dan uji akhir (posttest) kegiatan Penyuluhan langsung secara aktif tingkat 1 (satu), dan
    2. menyusun materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada calon Wajib Pajak Orang Pribadi tingkat 1 (satu),
    3. menyusun materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada calon Wajib Pajak Orang Pribadi tingkat 2 (dua),
    4. menyusun materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada Wajib Pajak Orang Pribadi baru tingkat 1 (satu),
    5. menyusun materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada Wajib Pajak Orang Pribadi baru tingkat 2 (dua),
    6. menyusun materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada Wajib Pajak Orang Pribadi terdaftar non Pengusaha Kena Pajak tingkat 1 (satu),
    7. menyusun materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada Wajib Pajak Orang Pribadi terdaftar non Pengusaha Kena Pajak tingkat 2 (dua),
    8. menyusun materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada Wajib Pajak Orang Pribadi terdaftar Pengusaha Kena Pajak tingkat 1 (satu),
    9. menyusun materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada bendaharawan,
    10. menyusun materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada calon Wajib Pajak Badan tingkat 1 (satu),
    11. menyusun materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada Wajib Pajak Badan baru tingkat 1 (satu),
    12. menyusun materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada Wajib Pajak Badan baru tingkat 2 (dua),
    13. menyusun materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada Wajib Pajak Badan terdaftar non Pengusaha Kena Pajak tingkat 1 (satu),
    14. menyusun materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada Wajib Pajak Badan terdaftar non Pengusaha Kena Pajak tingkat 2 (dua), dan
    15. menyusun materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada Wajib Pajak Badan terdaftar Pengusaha Kena Pajak tingkat 1 (satu).

    c) melaksanakan Penyuluhan :

    1. melaksanakan pemberian informasi secara langsung kepada calon Wajib Pajak Orang Pribadi tingkat 1 (satu),
    2. melaksanakan pemberian informasi secara langsung kepada calon Wajib Pajak Orang Pribadi tingkat 2 (dua),
    3. melaksanakan pemberian informasi secara langsung kepada Wajib Pajak Orang Pribadi terdaftar non Pengusaha Kena Pajak tingkat 1 (satu),
    4. melaksanakan pemberian informasi secara langsung kepada Wajib Pajak Orang Pribadi terdaftar non Pengusaha Kena Pajak tingkat 2 (dua),
    5. melaksanakan pemberian informasi secara langsung kepada bendaharawan,
    6. melaksanakan pemberian informasi secara langsung kepada Wajib Pajak Badan terdaftar non Pengusaha Kena Pajak tingkat 1 (satu), dan
    7. melaksanakan pemberian informasi secara langsung kepada Wajib Pajak Badan terdaftar non Pengusaha Kena Pajak tingkat 2 (dua).
  2. Penyuluhan langsung secara pasif:
    a) melaksanakan Penyuluhan:

    1. melaksanakan piket kegiatan Penyuluhan langsung secara pasif tingkat 1 (satu),
    2. melaksanakan piket kegiatan Penyuluhan langsung secara pasif tingkat 3 (tiga),
    3. memberikan konsultasi/bimbingan teknis secara langsung tingkat 1 (satu), dan
    4. memberikan konsultasi/bimbingan teknis secara langsung tingkat 3 (tiga).

    b) evaluasi dan monitoring:

    1. melaksanakan monitoring pelaksanaan kegiatan Penyuluhan langsung secara pasif tingkat 1 (satu).
  3. Penyuluhan tidak langsung satu arah:
    a) menyusun program Penyuluhan:

    1. menyusun rencana kerja per kegiatan (session plan) kegiatan Penyuluhan tidak langsung satu arah tingkat 1 (satu), dan
    2. melaksanakan pemantauan persiapan kegiatan Penyuluhan tidak langsung satu arah tingkat 1 (satu).

    b) menyusun materi Penyuluhan:

    1. menyusun materi Penyuluhan tidak langsung satu arah melalui audio tingkat 1 (satu),
    2. menyusun materi Penyuluhan tidak langsung satu arah melalui audio tingkat 2 (dua), dan
    3. menyusun materi Penyuluhan tidak langsung satu arah melalui audio dan/atau visual tingkat 2 (dua).

    c) melaksanakan Penyuluhan:

    1. melaksanakan kegiatan Penyuluhan tidak langsung satu arah dalam bentuk audio tingkat 2 (dua), dan
    2. melaksanakan kegiatan Penyuluhan tidak langsung satu arah dalam bentuk audio dan/atau visual tingkat 2 (dua).
  4. Penyuluhan tidak langsung dua arah:
    a) menyusun program Penyuluhan:

    1. menyusun rencana kerja per kegiatan (session plan) kegiatan Penyuluhan tidak langsung dua arah tingkat 1 (satu), dan
    2. melaksanakan pemantauan persiapan kegiatan Penyuluhan tidak langsung dua arah tingkat 1 (satu).

    b) menyusun materi Penyuluhan:

    1. menyusun materi Penyuluhan tidak langsung dua arah melalui audio tingkat 2 (dua), dan
    2. menyusun materi Penyuluhan tidak langsung dua arah melalui audio dan/atau visual tingkat 2 (dua).

    c) melaksanakan Penyuluhan:

    1. melaksanakan kegiatan Penyuluhan tidak langsung dua arah dalam bentuk audio tingkat 2 (dua), dan
    2. melaksanakan kegiatan Penyuluhan tidak langsung dua arah dalam bentuk audio dan/atau visual tingkat 2 (dua).
  5. Penyuluhan tidak langsung melalui contact center dan penyelesaian administrasi perpajakan:
    a) persiapan Penyuluhan:

    1. menyusun rencana kerja Penyuluhan periodik (outbound),
    2. menyusun materi survei melalui media,
    3. menyusun materi Penyuluhan perpajakan,
    4. menyusun panduan komunikasi dan panduan kegiatan penjaminan kualitas layanan,
    5. menganalisis dan menyusun konsep jawaban yang ditanyakan oleh Penyuluh Pajak atas pertanyaan Wajib Pajak dan/atau masyarakat terkait informasi umum perpajakan dan/atau petunjuk penggunaan aplikasi perpajakan, dan
    6. melaksanakan inventarisasi dan mendokumentasikan pertanyaan Penyuluh Pajak di aplikasi Sistem Informasi Contact Center.

    b) pelaksanaan Penyuluhan:

    1. melaksanakan jadwal interaksi secara online,
    2. menelaah dan melaksanakan penyesuaian jadwal pemberian dan penyampaian layanan,
    3. melaksanakan pemberian informasi perpajakan, penerimaan pengaduan dan/atau pemberian petunjuk penggunaan aplikasi perpajakan melalui media telepon berdasarkan permintaan masyarakat/Wajib Pajak (inbound) kompleksitas 2 (dua),
    4. melaksanakan penyampaian informasi perpajakan dan/atau petunjuk penggunaan aplikasi perpajakan melalui media telepon berdasarkan kebutuhan organisasi (outbound) kategori 2 (dua),
    5. melaksanakan pemberian dan/atau penyampaian informasi perpajakan, penerimaan pengaduan, dan/atau petunjuk penggunaan aplikasi perpajakan melalui media selain telepon,
    6. mendokumentasikan pemberian dan/atau penyampaian informasi perpajakan, penerimaan pengaduan, permintaan transaksi perpajakan dan/atau petunjuk penggunaan aplikasi perpajakan melalui media ke dalam aplikasi,
    7. menganalisis dan menindaklanjuti pengaduan Wajib Pajak dan/atau masyarakat yang disampaikan,
    8. melaksanakan konfirmasi awal atas pengaduan dan/atau eskalasi Wajib Pajak dan/atau masyarakat yang disampaikan,
    9. melaksanakan analisis dan mendokumentasikan pengaduan Wajib Pajak dan/atau masyarakat ke dalam sistem informasi pengaduan,
    10. melaksanakan asistensi Penyuluh Pajak yang baru bergabung di contact center (tandem),
    11. melaksanakan penyampaian pengetahuan (transfer of knowledge) kepada fungsional lain tingkat 1 (satu),
    12. melaksanakan penyampaian pengetahuan (transfer of knowledge) kepada fungsional lain tingkat 2 (dua),
    13. melakukan pengolahan data panggilan keluar kepada Wajib Pajak dan/atau masyarakat (outbound),
    14. melaksanakan penyampaian konfirmasi lanjutan hasil tindak lanjut pengelolaan pengaduan di bidang perpajakan,
    15. menindaklanjuti pertanyaan Wajib Pajak dan/atau masyarakat terkait informasi perpajakan dan/atau petunjuk penggunaan aplikasi perpajakan yang belum terjawab (eskalasi) ke direktorat terkait,
    16. melaksanakan penyampaian jawaban atas pertanyaan Wajib Pajak dan/atau masyarakat yang belum terjawab (eskalasi),
    17. menyusun konsep usulan pengembangan aplikasi pusat interaksi (contact center) dalam rangka menunjang kegiatan pelayanan dengan pihak internal dan/atau eksternal,
    18. melaksanakan koordinasi dengan pihak internal dan eksternal dalam rangka pelaksanaan operasional pusat interaksi (contact center),
    19. melaksanakan pendampingan Penyuluh Pajak dalam rangka pemberian/penyampaian layanan,
    20. melaksanakan proses pembahasan bersama (kalibrasi) di internal seksi,
    21. melaksanakan penilaian kualitas layanan informasi dan pengaduan,
    22. menganalisis hasil penilaian kualitas pemberian/penyampaian layanan secara periodik,
    23. melaksanakan inventarisasi dan menganalisis hasil eskalasi secara periodik,
    24. melaksanakan inventarisasi dan menganalisis tindakan pengaduan yang telah diselesaikan secara periodik,
    25. melakukan sosialisasi ketentuan/aplikasi perpajakan sebagai narasumber, dan
    26. melakukan sosialisasi ketentuan/aplikasi perpajakan sebagai peserta.

    c) penyelesaian administrasi perpajakan:

    1. melaksanakan penyelesaian administrasi perpajakan kompleksitas 1 (satu),
    2. melaksanakan penyelesaian administrasi perpajakan kompleksitas 2 (dua).

    d) evaluasi dan monitoring:

    1. melaksanakan pemantauan langsung (live monitoring) atas pemberian dan/atau penyampaian informasi perpajakan, penerimaan pengaduan, permintaan transaksi perpajakan, dan/atau petunjuk penggunaan aplikasi perpajakan yang disampaikan melalui media,
    2. menyusun tanggapan teknis atas hasil penilaian kualitas layanan,
    3. melaksanakan analisis dan memberikan persetujuan atau penolakan atas pengajuan keberatan hasil penilaian kualitas layanan, dan
    4. melaksanakan evaluasi atas layanan panggilan masuk atau panggilan keluar melalui media telepon dan nontelepon.
  6. Penyuluhan melalui pihak ketiga:
    a) menyusun program Penyuluhan:

    1. menyusun rencana kerja per kegiatan (session plan) dalam rangka pelatihan pihak ketiga tingkat 3 (tiga), dan
    2. melakukan pemantauan persiapan kegiatan dalam rangka pelatihan pihak ketiga tingkat 1 (satu).

    b) menyusun materi Penyuluhan:

    1. menyusun materi pelatihan Penyuluhan melalui pihak ketiga tingkat 3 (tiga), dan
    2. menyusun materi uji awal (pretest) dan uji akhir (posttest) dalam rangka pelatihan pihak ketiga tingkat 1 (satu).

    c) melaksanakan Penyuluhan:

    1. melaksanakan uji pemeringkatan pihak ketiga.
  7. Penyusunan rekomendasi pengembangan Penyuluhan:
    a) menyusun rekomendasi kebijakan Penyuluhan.

HASIL KERJA TUGAS JABATAN PENYULUH PAJAK AHLI PERTAMA

Berikut Hasil Kerja Tugas Jabatan Fungsional Penyuluh Pajak Ahli Pertama meliputi:

  1. Penyuluhan langsung secara aktif:
    a) menyusun program Penyuluhan:

    1. laporan session plan kegiatan Penyuluhan langsung secara aktif tingkat 1 (satu),
    2. laporan pemantauan persiapan kegiatan Penyuluhan langsung secara aktif tingkat 1 (satu),
    3. materi survei kegiatan Penyuluhan langsung secara aktif tingkat 1 (satu).

    b) menyusun materi Penyuluhan:

    1. materi soal uji awal (pretest) dan uji akhir (posttest) kegiatan Penyuluhan langsung secara aktif tingkat 1 (satu)
    2. materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada calon Wajib Pajak Orang Pribadi tingkat 1 (satu),
    3. materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada calon Wajib Pajak Orang Pribadi tingkat 2 (dua),
    4. materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada Wajib Pajak Orang Pribadi baru tingkat 1 (satu),
    5. materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada Wajib Pajak Orang Pribadi baru tingkat 2 (dua),
    6. materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada Wajib Pajak Orang Pribadi terdaftar non Pengusaha Kena Pajak tingkat 1 (satu),
    7. materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada Wajib Pajak Orang Pribadi terdaftar non Pengusaha Kena Pajak tingkat 2 (dua),
    8. materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada Wajib Pajak Orang Pribadi terdaftar Pengusaha Kena Pajak tingkat 1 (satu),
    9. materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada Bendaharawan,
    10. materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada calon Wajib Pajak Badan tingkat 1 (satu),
    11. materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada Wajib Pajak Badan baru tingkat 1 (satu),
    12. materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada Wajib Pajak Badan baru tingkat 2 (dua),
    13. materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada Wajib Pajak Badan terdaftar non Pengusaha Kena Pajak tingkat 1 (satu),
    14. materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada Wajib Pajak Badan terdaftar non Pengusaha Kena Pajak tingkat 2 (dua), dan
    15. materi Penyuluhan langsung secara aktif kepada Wajib Pajak Badan terdaftar Pengusaha Kena Pajak tingkat 1 (satu).

    c) melaksanakan Penyuluhan:

    1. laporan pelaksanaan kegiatan pemberian informasi secara langsung kepada calon Wajib Pajak Orang Pribadi tingkat 1 (satu),
    2. laporan pelaksanaan kegiatan pemberian informasi secara langsung kepada calon Wajib Pajak Orang Pribadi tingkat 2 (dua),
    3. laporan pelaksanaan kegiatan pemberian informasi secara langsung kepada Wajib Pajak Orang Pribadi terdaftar non Pengusaha Kena Pajak tingkat 1 (satu),
    4. laporan pelaksanaan kegiatan pemberian informasi secara langsung kepada Wajib Pajak Orang Pribadi terdaftar non Pengusaha Kena Pajak tingkat 2 (dua),
    5. laporan pelaksanaan kegiatan pemberian informasi secara langsung kepada bendaharawan,
    6. laporan pelaksanaan kegiatan pemberian informasi secara langsung kepada Wajib Pajak Badan terdaftar non Pengusaha Kena Pajak tingkat 1 (satu), dan
    7. laporan pelaksanaan kegiatan pemberian informasi secara langsung kepada Wajib Pajak Badan terdaftar non Pengusaha Kena Pajak tingkat 2 (dua).
  2. Penyuluhan langsung secara pasif:
    a) melaksanakan Penyuluhan:

    1. laporan piket kegiatan Penyuluhan langsung secara pasif tingkat 1 (satu),
    2. laporan piket kegiatan Penyuluhan langsung secara pasif tingkat 3 (tiga),
    3. berita acara konsultasi/bimbingan teknis secara langsung tingkat 1 (satu), dan
    4. berita acara konsultasi/bimbingan teknis secara langsung tingkat 3 (tiga).

    b) evaluasi dan monitoring:

    1. laporan monitoring pelaksanaan kegiatan Penyuluhan langsung secara pasif tingkat 1 (satu).
  3. Penyuluhan tidak langsung satu arah:
    a) menyusun program Penyuluhan:

    1. laporan session plan kegiatan Penyuluhan tidak langsung satu arah tingkat 1 (satu), dan
    2. laporan pemantauan persiapan kegiatan Penyuluhan tidak langsung satu arah tingkat 1 (satu).

    b) menyusun materi Penyuluhan:

    1. materi Penyuluhan tidak langsung satu arah melalui audio tingkat 1 (satu),
    2. materi Penyuluhan tidak langsung satu arah melalui audio tingkat 2 (dua), dan
    3. materi Penyuluhan tidak langsung satu arah melalui audio dan/atau visual tingkat 2 (dua).

    c) melaksanakan Penyuluhan:

    1. berita acara kegiatan Penyuluhan tidak langsung satu arah dalam bentuk audio tingkat 2 (dua), dan
    2. berita acara kegiatan Penyuluhan tidak langsung satu arah dalam bentuk audio dan/atau visual tingkat 2 (dua).
  4. Penyuluhan tidak langsung dua arah:
    a) menyusun program Penyuluhan:

    1. laporan session plan kegiatan Penyuluhan tidak langsung dua arah tingkat 1 (satu), dan
    2. laporan pemantauan persiapan kegiatan Penyuluhan tidak langsung dua arah tingkat 1 (satu).

    b) menyusun materi Penyuluhan:

    1. materi Penyuluhan tidak langsung dua arah melalui audio tingkat 2 (dua), dan
    2. materi Penyuluhan tidak langsung dua arah melalui audio dan/atau visual tingkat 2 (dua).

    c) melaksanakan Penyuluhan:

    1. berita acara kegiatan Penyuluhan tidak langsung dua arah dalam bentuk audio tingkat 2 (dua), dan
    2. berita acara kegiatan Penyuluhan tidak langsung dua arah dalam bentuk audio dan/atau visual tingkat 2 (dua).
  5. Penyuluhan melalui contact center dan penyelesaian administrasi perpajakan:
    a) persiapan Penyuluhan:

    1. laporan rencana kerja penyuluhan periodik (outbound),
    2. materi survei melalui media,
    3. laporan materi Penyuluhan perpajakan,
    4. laporan inventarisasi bahan panduan komunikasi dan panduan kegiatan penjaminan kualitas layanan,
    5. daftar konsep jawaban yang ditanyakan oleh Penyuluh Pajak atas pertanyaan Wajib Pajak dan/atau masyarakat terkait informasi umum perpajakan dan/atau petunjuk penggunaan aplikasi perpajakan, dan
    6. laporan hasil inventarisasi pertanyaan Penyuluh Pajak di aplikasi Sistem Informasi Contact Center.

    b) pelaksanaan Penyuluhan:

    1. laporan piket interaksi secara online,
    2. laporan penyesuaian jadwal pemberian dan penyampaian layanan,
    3. laporan rekaman media pemberian informasi perpajakan, penerimaan pengaduan dan/atau pemberian petunjuk penggunaan aplikasi perpajakan melalui media telepon berdasarkan permintaan masyarakat/Wajib Pajak (inbound) kompleksitas 2 (dua),
    4. laporan rekaman media penyampaian informasi perpajakan dan/atau petunjuk penggunaan aplikasi perpajakan melalui media telepon berdasarkan kebutuhan organisasi (outbound) kategori 2 (dua),
    5. laporan pelaksanaan kegiatan pelaksanakan pemberian dan/atau penyampaian informasi perpajakan, penerimaan pengaduan, dan/atau petunjuk penggunaan aplikasi perpajakan melalui media selain telepon,
    6. dokumentasi aplikasi CRM terkait pemberian dan/atau penyampaian informasi perpajakan, penerimaan pengaduan, permintaan transaksi perpajakan dan/atau petunjuk penggunaan aplikasi perpajakan melalui media ke dalam aplikasi,
    7. laporan hasil analisis pengaduan Wajib Pajak dan/atau masyarakat yang disampaikan,
    8. rekaman media konfirmasi awal atas pengaduan dan/atau eskalasi Wajib Pajak dan/atau masyarakat yang disampaikan,
    9. dokumentasi sistem informasi pengaduan Wajib Pajak dan/atau masyarakat ke dalam sistem informasi pengaduan,
    10. laporan pelaksanaan asistensi Penyuluh Pajak yang baru bergabung di contact center (tandem),
    11. laporan hasil pelaksanaan penyampaian pengetahuan kepada fungsional lain tingkat 1 (satu),
    12. laporan hasil pelaksanaan penyampaian pengetahuan kepada fungsional lain tingkat 2 (dua),
    13. laporan pengolahan data panggilan keluar kepada Wajib Pajak dan/atau masyarakat (outbound),
    14. rekaman media konfirmasi lanjutan hasil tindak lanjut pengelolaan pengaduan di bidang perpajakan,
    15. surat eskalasi terkait pertanyaan Wajib Pajak dan/atau masyarakat terkait informasi perpajakan dan/atau petunjuk penggunaan aplikasi perpajakan yang belum terjawa,
    16. laporan eskalasi terkait penyampaian jawaban atas pertanyaan Wajib Pajak dan/atau masyarakat yang belum terjawab,
    17. surat usulan pengembangan aplikasi pusat interaksi (contact center) dalam rangka menunjang kegiatan pelayanan dengan pihak internal dan/atau eksternal,
    18. laporan koordinasi dengan pihak internal dan eksternal dalam rangka pelaksanaan operasional pusat interaksi (contact center),
    19. laporan pendampingan Penyuluh Pajak dalam rangka pemberian/penyampaian layanan,
    20. Berita Acara Pembahasan bersama (kalibrasi) di internal seksi,
    21. laporan hasil penilaian kualitas layanan informasi dan pengaduan,
    22. laporan hasil penilaian periodik terkait pemberian/penyampaian layanan,
    23. laporan hasil eskalasi periodik,
    24. laporan hasil analisis pengaduan periodik,
    25. jam pelatihan sosialisasi ketentuan/aplikasi perpajakan sebagai narasumber, dan
    26. jam pelatihan sosialisasi ketentuan/aplikasi perpajakan sebagai peserta.

    c) penyelesaian administrasi perpajakan:

    1. laporan penelitian permohonan perpajakan kompleksitas 1 (satu), dan
    2. laporan penelitian permohonan perpajakan kompleksitas 2 (dua).

    d) evaluasi dan monitoring:

    1. laporan pemantauan langsung atas pemberian dan/atau penyampaian informasi perpajakan, penerimaan pengaduan, permintaan transaksi perpajakan, dan/atau petunjuk penggunaan aplikasi perpajakan yang disampaikan melalui media,
    2. tanggapan dalam aplikasi terkait hasil penilaian kualitas layanan,
    3. rekomendasi teknis terkait pengajuan keberatan hasil penilaian kualitas layanan, dan
    4. laporan evaluasi kinerja tim operasional terkait layanan panggilan masuk atau panggilan keluar melalui media telepon dan nontelepon.
  6. Penyuluhan melalui pihak ketiga:
    a) menyusun program Penyuluhan:

    1. laporan session plan dalam rangka pelatihan pihak ketiga tingkat 3 (tiga),
    2. dan
    3. laporan pemantauan persiapan kegiatan dalam rangka pelatihan pihak ketiga tingkat 1 (satu).

    b) menyusun materi Penyuluhan:

    1. materi pelatihan Penyuluhan melalui pihak ketiga tingkat 3 (tiga), dan
    2. materi soal uji awal (pretest) dan uji akhir (posttest) dalam rangka pelatihan pihak ketiga tingkat 1 (satu).

    c) melaksanakan Penyuluhan:

    1. laporan pelaksanaan uji pemeringkatan pihak ketiga.
  7. Penyusunan rekomendasi pengembangan Penyuluhan:
    a) surat/kajian terkait rekomendasi kebijakan Penyuluhan.

Demikian informasi Uraian Tugas Jabatan Penyuluh Pajak Ahli Pertama

Baca Juga : Daftar Jabatan Fungsional Lainnya — DISINI

Referensi :
PERMENPAN RB Nomor 49 Tahun 2020

Sumber file : JDIH MENPAN

15 Likes

Author: admin

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti Memberikan referensi, informasi akurat dan terpercaya seputar ASN, Sekolah Kedinasan, Materi dan Tryout SKD/SKB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com