Info ASN Peraturan BKN 2021 PERATURAN BKN Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN

PERATURAN BKN Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN

Loading...

PERATURAN BKN Nomor 2 Tahun 2021

InfoASN.id – PERATURAN BKN Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN

PENGERTIAN DALAM PERATURAN BKN NOMOR 2 TAHUN 2021

Dalam Peraturan BKN Nomor 2 Tahun 2021 ini yang dimaksud dengan :

  1. Badan Kepegawaian Negara yang selanjutnya disingkat BKN adalah lembaga pemerintah nonkementerian yang diberi kewenangan melakukan pembinaan dan menyelenggarakan manajemen ASN secara nasional sebagaimana diatur dalam undang-undang.
  2. Pusat Pengembangan Sistem Seleksi yang selanjutnya disingkat PPSS adalah unit organisasi setingkat jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Badan Kepegawaian Negara yang mempunyai tugas melaksanakan kebijakan teknis sistem dan materi seleksi, mengelola teknologi informasi sistem seleksi dan penyelenggaraan seleksi.
  3. Computer Assasted Test Badan Kepegawaian Negara yang selanjutnya disingkat CAT BKN adalah suatu sistem seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan lulusan yang memenuhi standar minimal kompetensi.
  4. Seleksi Kompetensi Dasar yang selanjutnya disingkat SKD adalah seleksi untuk menggali pengetahuan, keterampilan, dan sikap/ perilaku peserta ujian yang meliputi seleksi wawasan kebangsaan, seleksi intelegensi umum, dan seleksi karakteristik pribadi.
  5. Seleksi Kompetensi Bidang yang selanjutnya disingkat SKB adalah seleksi yang dilakukan untuk menilai kesesuaian antara kompetensi bidang yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi bidang sesuai dengan kebutuhan Jabatan.
  6. Kode Billing adalah kode identifikasi yang diterbitkan melalui sistem billing atas suatu jenis pembayaran atau setoran yang akan dilakukan wajib bayar.
  7. Nomor Transaksi Penerimaan Negara yang selanjutnya disingkat NTPN adalah bukti transaksi penerimaan yang diterbitkan melalui modul penerimaan negara.
  8. Tim Pelaksana CAT BKN adalah tim yang dibentuk oleh pejabat yang ditunjuk oleh Kepala BKN.
  9. Panitia Seleksi Instansi adalah tim yang dibentuk oleh pejabat yang ditunjuk oleh Pejabat Pembina Kepegawaian Instansi.
  10. Data Hasil Aplikasi CAT BKN adalah data nilai peserta yang tersedia pada aplikasi CAT BKN.
  11. Dokumen Seleksi adalah kelengkapan dokumen seleksi yang meliputi dokumen hasil seleksi, dokumentasi, form checklist, berita acara, dan daftar hadir peserta seleksi.
  12. Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara yang selanjutnya disingkat dengan SSCASN adalah sistem informasi yang dibuat oleh BKN untuk digunakan sebagai portal pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara.
  13. Sistem Informasi Manajemen Fasilitasi Penyelenggaraan Seleksi yang selanjutnya disingkat dengan SIMFLEK adalah aplikasi yang digunakan untuk menghimpun dan melaporkan Dokumen Seleksi.

PERTIMBANGAN

PERATURAN BKN Nomor 2 Tahun 2021 ini ditetapkan dengan pertimbangan

  1. bahwa untuk memperlancar dan menyeragamkan pelaksanaan seleksi calon Pegawai Negeri Sipil, seleksi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, seleksi sekolah kedinasan, seleksi pengembangan karier, dan seleksi selain ASN dengan metode Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara, perlu disusun prosedur penyelenggaraan seleksi dengan metode Computer Assrsted Test Badan Kepegawaian Negara;
  2. bahwa Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 50 Tahun 2Ol9 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara tidak sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan keadaan, sehingga perlu diubah;
  3. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana c. dimaksud dalam huruf a, dan huruf b, perlu menetapkan Peraturan Badan Kepegawaian Negara tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara;

Dalam Pasal 2 dijelaskan bahwa :

1. Penyelenggaraan seleksi dengan metode CAT BKN dilakukan melalui tahapan:

  1. tahap persiapan seleksi;
  2. tahap pelaksanaan seleksi; dan
  3. tahap pelaporan seleksi.

2. Tahapan seleksi sebagaimana dimaksud meliputi:

Loading...
  1. Seleksi Calon PNS;
  2. Seleksi Calon PPPK;
  3. Seleksi Sekolah Kedinasan;
  4. Seleksi Pengembangan Karier; dan
  5. Seleksi selain ASN.

DETAIL PERATURAN BKN NOMOR 2 TAHUN 2021

Entitas Badan Kepegawaian Negara
Jenis Peraturan Badan Kepegawaian Negara
Nomor 2
Tahun 2021
Tentang Peraturan Badan Kepegawaian Negara Tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN
Tanggal Ditetapkan 1 April 2021
Tanggal Diundangkan 1 April 2021
Berlaku Tanggal 1 April 2021
Sumber BN.2021/NO 250

DOWNLOAD FILE

PERATURAN BKN Nomor 2 Tahun 2021

Demikian informasi PERATURAN BKN Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

Definisi:
BN = Berita Negara
TBN = Tambahan Berita Negara

Sumber file : https://bkn.go.id/

Loading...
5 Likes

Author: admin

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti Memberikan referensi, informasi akurat dan terpercaya seputar ASN, Sekolah Kedinasan, Materi dan Tryout SKD/SKB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 + 8 =

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.