Info ASN PPPK/P3K Kisi-kisi Soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Tahun 2022

Kisi-kisi Soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Tahun 2022

Kisi-kisi Soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Tahun 2022

INFO ASN – Kisi-kisi Soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Tahun 2022

Sobat Info ASN, Kisi-kisi Soal Kompetensi Teknis Seleksi Calon PPPK Tahun 2022 tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menteri PANRB Nomor B/275/M.SM.01.00/2023 tertangga 8 Februari 2023 tentang Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Teknis dengan CAT untuk Seleksi Pengadaan PPPK Tahun Anggaran 2022.

Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Teknis Seleksi PPPK Tahun Anggaran 2022 ini memuat kisi-kisi soal tiap formasi jabatan sebagai rambu-rambu soal seleksi untuk peserta seleksi.

Di dalam rangka mewujudkan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang profesional, kompeten, dan melayani, maka setiap PPPK wajib memiliki kompetensi manajerial, kompetensi sosial kultural, dan kompetensi teknis yang sesuai dengan standar kompetensi jabatan.

Sesuai dengan PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK, maka setelah seleksi administrasi berakhir, tahap seleksi pengadaan PPPK selanjutnya adalah seleksi kompetensi. Seleksi kompetensi PPPK terdiri dari Seleksi Kompetensi Manajerial, Seleksi Kompetensi Sosial Kultural, Seleksi Kompetensi Teknis, dan Wawancara Berbasis Komputer.

Berdasarkan hal tersebut, dipandang perlu adanya penyampaian Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Teknis agar para peserta seleksi PPPK Tahun Anggaran 2022 dapat mengenali poin penting dari soal Seleksi Kompetensi Teknis dengan CAT yang akan diujikan sesuai dengan kompetensi jabatannya sehingga dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin.

PANSELNAS memberikan Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Teknis dengan CAT yang disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional, sesuai yang tercantum pada PermenPANRB Nomor 29 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional.

Untuk selanjutnya, Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Teknis tersebut dapat disebarluaskan melalui situs resmi instansi.

Ketentuan Seleksi Pengadaan PPPK 2022

Seleksi pengadaan PPPK Tahun 2022 dilakukan dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas yang penilaiannya dilaksanakan dengan wawancara yang dilakukan dengan metode Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara.

Computer Assisted Test (CAT) adalah metode seleksi dengan alat bantu komputer untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar yang digunakan dalam seleksi calon PPPK untuk mewujudkan profesionalisme PPPK.

Seleksi kompetensi PPPK Tahun Anggaran 2022 terdiri dari Seleksi Kompetensi manajerial, Seleksi Kompetensi Sosial Kultural, dan Seleksi Kompetensi Teknis

Kompetensi Manajerial adalah pengetahuan,  keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati,  diukur, dikembangkan untuk memimpin dan/atau  mengelola unit organisasi.

Kompetensi Sosial Kultural merupakan pengetahuan,  keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati,  diukur, dikembangkan terkait dengan pengalaman  berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal  agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus  dipenuhi oleh setiap pemegang jabatan untuk memperoleh  hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi dan jabatan.

Sedangkan Kompetensi Teknis adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur,  dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

Materi Kompetensi Teknis bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

Jumlah soal keseluruhan seleksi kompetensi adalah 145 (seratus empat puluh lima) soal, dengan rincian sebagai berikut.

1. Seleksi kompetensi teknis sejumlah 90 (sembilan puluh) butir soal.

2. Seleksi kompetensi manajerial sejumlah 25 (dua puluh lima) butir soal.

3. Seleksi kompetensi sosial kultural sejumlah 20 (dua puluh) butir soal.

4. Wawancara sejumlah 10 (sepuluh) butir soal.

Seleksi kompetensi dilaksanakan dalam durasi waktu berikut.

1. Seleksi kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural dilaksanakan dalam durasi waktu 120 (seratus dua puluh) menit.

2. Wawancara dilaksanakan dalam durasi waktu 10 (sepuluh) menit.

Selengkapnya, Kisi-kisi Soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Tahun 2022 dapat diunduh di bawah ini :

Download Kisi-kisi Soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Tahun 2022

Demikian informasi “Kisi-kisi Soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Tahun 2022”.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Kisi-kisi Soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Tahun 2022” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

141 Likes

Author: admin

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti Memberikan referensi, informasi akurat dan terpercaya seputar ASN, Sekolah Kedinasan, Materi dan Tryout SKD/SKB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com