Tips Lulus SKD – Seleksi CPNS Dibuka November, Ayo Atur Strategi ikuti Saran Psikolog Ini

0

infoASN.id, Tips Lulus SKD – Seleksi CPNS Dibuka November, Ayo Atur Strategi dan Ikuti Saran Psikolog Ini

tes-cpns-jakarta
Peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kantor Wali Kota Jakarta Timur [ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto]
Pemerintah akan kembali membuka pendaftaran untuk tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. Agar lebih siap menghadapi tes, psikolog pun membagikan tips untuk mengerjakan CPNS. Apa saja?

Psikolog, Viva Darma Putri, M.Psi menyebutkan bahwa bagi peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) harus sering melakukan latihan mengerjakan soal-soal tes karena menjadi bagian dari menyiapkan diri secara psikologis dan kognitif.

“Berlatih mengerjakan soal-soal latihan itu sebenarnya melatih kita mempersiapkan diri baik secara kognitif maupun psikologis,” ujarnya di Pontianak, Jumat (11/10/2019).

Ia menyebutkan bahwa setiap orang yang ikut tes CPNS harusnya sudah riset tentang apa yang harus dipersiapkan apa yang akan dilakukan terutama tentang soal-soal tes. Salah satunya dengan mempelajari soal yang kini tersedia dalam bentuk buku, situs internet, hingga aplikasi.

Selain latihan soal, nyatanya ada lagi lho tips yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan diri untuk tes CPNS. Dilansir Antara, ini 5 di antaranya.

Baca Juga :  Suket pengganti e-KTP bisa untuk melamar CPNS? Ini Penjelasan BKN

1. Hitung waktu mengerjakan soal

Viva mengatakan adanya jeda waktu antara pendaftaran dan tes harus digunakan untuk belajar dan manajemen waktu. Misal hari pertama lihat-lihat terlebih dahulu contoh soal nya lalu pelajari.

“Hari berikutnya mulai mencoba mengerjakan soal- soal dan dihitung waktu pengerjaan per sesi, sehingga kita jadi mendapatkan gambaran kalkulasi waktu untuk pengerjaan per soal per sesi,” jelasnya.

2. Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu

Kemudian trik untuk menghemat waktu, selalu mengerjakan yang mudah terlebih dahulu karena waktunya bisa untuk mengerjakan soal yang sulit.

“Sehingga peserta CPNS tadi mampu membuat manajemen waktu untuk mengerjakan soal-soal tersebut,” papar dia.

3. Kerjakan soal dengan tenang

Kemudian peserta harus tenang dalam mengerjakan soal, karena jika sudah panik biasanya akan terjadi kebuntuan dalam berpikir.

Baca Juga :  BKN : Rekrutmen CPNS 2019 Segera Dibuka, Infrastruktur SSCASN dan CAT BKN Siap

“Soal yang sebenarnya tidak sulit menjadi sulit lalu panik karena waktu sudah mau habis,” kata dia.

4. Jangan malas latihan soal

Tentang peserta harus menjawab benar dan cepat kuncinya ada di latihan. Bahkan atlet pun untuk mencapai juara harus berlatih terus menerus hingga batas maksimal.

“Siswa SMA saat mengerjakan UAN pun latihan soal berbulan-bulan untuk menghadapi ujian nasional, begitu pula dengan peserta CPNS yang seharusnya berlatih soal dan berlatih manajemen waktu untuk mengerjakan soal tes CPNS tersebut,” jelas dia.

5. Punya rencana cadangan

Peserta CPNS juga harus menyiapkan mental untuk tidak lolos dalam artian bukan mengajarkan untuk pesimis namun lebih ke menyiapkan mental jika gagal.

“Sehingga tidak merasa terlalu terpuruk. Ada baiknya mempunyai rencana cadangan jika tidak lolos tes,” sebut dia.

Supaya terbiasa dengan aplikasi CAT, Silahkan sahabat latihan soal melalui Tryout Online atau Simulasi CAT – DI SINI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − twenty =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.