infoASN.id – Contoh Soal TKP HOTS Paket 3
Berikut Admin akan membagikan beberapa CONTOH SOAL TKP HOTS (TES KARAKTERISTIK PRIBADI) Paket 3
SOAL TKP HOTS 1
Anda termasuk ke dalam salah satu dari 3 kandidat karyawan terbaik yang akan dipromosikan untuk naik jabatan di perusahaan anda. Untuk memutuskan siapa yang layak diantara kandidat yang ada, pimpinan perusahaan memberikan tugas yang sebelumnya tidak pernah kamu kerjakan, bagaimana kamu mengatasinya
A. Bekerja sama dengan dua kandidat yang lain untuk saling membantu
B. Membaca berbagai referensi yang mendukung penyelesaian tugas tersebut
C. Membeli buku buku penunjang di gramedia untuk memudahkan dalam pemahaman terhadap tugas
D. Mencari referensi di google dan jurnal jurnal online dan memakainya untuk penyelesaian tugas agar hasilnya maksimal
E. Meminta bantuan dan pencerahan kepada atasan untuk menjelaskan bagaimana cara mengerjakannya
JAWABAN BDCAE
Topik kemampuan belajar berkelanjutan, Indikator gemar membaca dan terus menimbah ilmu, berfikiran maju dan punya tekad untuk berkembang dan suka tantangan, dari persoalan di atas opsi B yang paling tepat langsung action, menunjukkan kita orang yang mampu bekerja berkelanjutan.
SOAL TKP HOTS 2
Kamu mempunyai keluarga di luar negeri dan hari ini salah satu dari anak kelurga mu tersebut akan liburan di Indonesia dan dititipkan dirumahmu, apa yang akan kamu lakukan untuk menjelaskan padanya mengenai keberagaman di
Indonesia
A. mengajaknya mengenal budaya dengan menceritakan sejarah di tempat-tempat yang di lewati
B. Mengajak orang-orang di lingkungan buat memperkenalkan keberagaman kepada anak tersebut
C. Mengajaknya main ketempat tempat ibadah
D. Jadi wakil orang tuanya buat ngedidik dia tentang keberagaman
E. Menjadi perpanjangan tangan orang tua untuk mengajarinya tentang keberagaman melalui tindakan sehari-hari
JAWABAN EDABC
Topik sosial budaya, Indikator penghormatan terhadap budaya dan mengedukasi anak tersebut karena sudah dititipkan orang tuanya kepada anda dengan mengajarkan keberagaman melalui tindakan sehari hari, bukan saat jalan jalan saja
SOAL TKP HOTS 3
Anda baru saja pulang liburan dari sebuah pulau. Ketika hendak mengambil barang anda di pengambilan bagasi ternyata koper anda yang berisi oleh oleh buat kelurga anda tidak ada. Sikap anda
A. Meminta pertanggung jawaban dari pihak maskapai penerbangan
B. Melapor kepada petugas yang berwenang
C. Menanyakan kenapa barang anda tidak ada kepada petugas
D. Meminta pihak bandara bertanggung jawab dan mengganti barang anda
E. Mengurus koper yang hilang dengan membayar asuransi perjalanan.
JAWABAN BAECD
Topik kemampuan mengendalikan diri, Indikator agar tetap tenang dan bersikap dewasa jika terjadi masalah dan mengikuti SOP di bandara jika ada barang hilang harus melapor kebagian berwenang yang menangani kehilangan barang
SOAL TKP HOTS 4
Ketika anda sedang mengambil beberapa dokumen di meja CS, tiba-tiba datang seorang pelanggan yang marah pada anda karena pelayanan yang kurang baik bahkan sampai mencaci anda, yang anda lakukan
A. Menahan emosi dan menjawab pertanyaannya karena sudah tugas saya melayani
B. Tetap tersenyum dan mendengarkan keluhannya.
C. Menasehatinya agar tidak boleh berkata kasar
D. Meminta maaf dan mendengarkan keluhannya.
E. Berusaha tidak marah meskipun dicaci dan tetap melayani keluhannya
JAWABAN DABEC
Topik orientasi pada pelayanan, Indikator cepat tanggap terhadap keluhan pelanggan dan mendengarkan keluhannya dengan baik, agar pelanggan merasa dihargai karena buruknya pelayanan lebih baik minta maaf dan tetap mendengarkan keluhannya, tetap fokus pada kebutuhan dari pelanggan
SOAL TKP HOTS 5
Anda merupakan seorang kurir yang setiap hari bertugas mengantarkan kiriman barang kerumah pelanggan. Anda tidak tahu isi dari barang yang anda antar tersebut, tugas anda hanya mengantarkan ke alamat. Suatu hari anda dikomplain karena barang yang anda antar keliru. Bagaimana sikap anda
A. Mendengarkan dan menjelaskan bahwa anda hanya kurir yang tugasnya hanya mengantar barang saja.
B. Mendengarkan dan memberikan solusi supaya kejadian ini tidak berulang
C. Mendengarkan dan minta maaf serta bersedia untuk mengantarkan barang yang tepat secepatnya
D. Mendengarkan saja supaya dia merasa dipahami setelah itu tidak perlu melakukan apapun
E. Minta maaf, Mendengarkan dan memberitahu ke atasan anda jika ada barang yang keliru via telefon
JAWABAN ECABD
Topik orientasi pada pelayanan, Indikator harus cepat tanggap dengan keluhan dan segera mungkin mencarikan solusi agar pelanggan merasa di layani, opsi E yang paling berorietasi pada pelayanan cepat tanggap saat itu juga dengan langsung mengkonfirmasi via telfon kepada atasan jika barang keliru baru menunggu untuk melakukan perintah atasan selanjutnya
SOAL TKP HOTS 6
Anda akan ditugaskan oleh atasan anda untuk menjadi panitia pameran yang akan memperkenalkan produk produk perusahaan, termasuk menjual beberapa produk untuk melihat respon pembeli. Pameran tersebut akan diikuti oleh banyak perusahaan yang juga memperkenalkan produk meraka ada yang setipe dengan anda dan ada juga yang berbeda, untuk menarik pengunjung apa yang anda lakukan
A. Memperagakan produk yang berkualitas di estalase agar banyak yang tertarik
B. Membuat pengunjung nyaman dengan stand anda dengan menyediakan tempat duduk dll
C. Selalu bersikap ramah terhadap pengunjung yang lewat dan mempersilakan untuk mampir
D. Membuat konsep stand pameran yang menarik
E. Membuat stand pameran yang besar agar semua pengunjung bisa muat di stand anda
JAWABAN DCBAE
Topik kreatifitas dan inovasi, Indikator dengan menciptakan ide yang baru, unik dan menarik sehingga membuat banyak orang penasaran, salah satu adalah dengan konsep stand anda yang akan membuat orang penasaran untuk mengunjungi, baru opsi yang lain menyusul memberikan pelayanan yang ramah
SOAL TKP HOTS 7
Anda merupakan seorang waiters pada sebuah restoran. Datang seorang tamu bersama dengan kelurganya untuk makan direstoran anda. Pada saat menu sudah dihidangkan diatas meja dan mulai dinikmati oleh tamu tersebut, kemudian dia memanggil anda dan komplain jika tadi dia minta agar menu yang dia pesan dibikin tidak pedas sama sekali, sikap anda
A. Meminta maaf dan langsung membuatkan menu baru sesuai pesanan
B. Minta maaf dan memohon untuk menunggu agar dibuatkan yang baru
C. Melaporkan kepada bagian dapur yang bertugas memasak
D. Minta maaf dan melaporkan pada bagian dapur
E. Minta maaf dan meminta bagian dapur untuk mengganti menu tersebut
JAWABAN DECBA
Topik orientasi pada pelayanan, Indikator cepat tanggap terhadap keinginan pelanggan dan melayani dengan baik sesuai dengan kapasitas, tugas dan tanggung jawab anda
SOAL TKP HOTS 8
Anda merupakan karyawan baru pada sebuah perusahaan. Karena masih dalam masa percobaan gaji yang diberikan oleh perusahaan kepada anda biasanya sangat pas pasan untuk kebutuhan sehari hari. Belum lagi setiap minggunya pacar anda sering mengajak untuk nonton. Kondisi ini diperburuk lagi anda termasuk orang yang lumayan boros sehingga terkadang, pengeluaran anda lebih besar dari pemasukannya, sikap anda
A. Berusaha sekuat tenaga untuk berhemat agar gaji cukup untuk tiap bukan
B. Mengurangi aktivitas nonton bersama pacar anda dan nonton televisi saja yang murah
C. Menghemat pengeluaran dan membeli hal yang dibutuhkan saja
D. Membuat perencanaan, untuk mengontrol keuangan
E. Berhemat dan menabung setiap habis gajian
JAWABAN DECAB
Topik kemampuan mengendalikan diri, Indikator kesadaran diri dengan keadaan, sikap dewasa dan mengambil tindakan yang diyakini kebenaran untuk mencegah hal yang tidak diinginkan muncul, dengan mengontrol keuangan (membuat perencanaan) dengan baik sehingga tidak besar pasak dari tiang, sehingga manajemen keuangan anda bagus
SOAL TKP HOTS 9
Anda baru saja menyelesaikan pendidikan sarjana anda disebuah universitas luar negeri. Setelah lulus anda berkeinginan untuk membuka usaha sendiri di bidang properti. Namun setelah anda mengutarakan dan meyakinkan hal tersebut kepada keluarga anda berkali kali mereka tidak memberikan dukungan dan meminta anda untuk mencoba melamar di perusahaan sedangkan anda sendiri lebih suka pekerjaan yang bebas tanpa harus diatur orang dan pekerjaan yang tidak bersifat rutinitas setiap harinya, sikap anda
A. Mengikuti saran orang tua dan mengurungkan niat anda untuk berwirausaha
B. Meminta orang tua mau mendukung keinginan anda
C. Meyakinkan orang tua jika anda bisa sukses dengan berwirausaha
D. Tetap fokus dengan keinginan karena anda menyukainya dan sesuai passion anda
E. Memantapkan diri Anda sendiri dan fokuslah mengelola bisnis dengan baik
JAWABAN EDCBA
Topik semangat berprestasi, Indikator mau mencoba hal hal baru untuk kemajuan, giat dan tekun serta semangat dan memantapkan diri dan fokus maka sukses akan menghampiri dengan Memantapkan diri Anda sendiri dan fokuslah mengelola bisnis dengan baik
SOAL TKP HOTS 10
Anda bekerja sebagai juru masak di sebuah restoran besar di ibu kota. Ketika restoran sedang ramai, tiba-tiba saudara anda datang meminta tolong kepada anda untuk mengantarkan ke bandara, karena tidak ada yang bisa mengantarkannya, Sikap anda,
A. Meminta izin pemilik restoran untuk mengantar saudara Anda ke bandara
B. Meminta izin pemilik restoran untuk mengantar saudara anda ke bandara karena tidak ada yg bisa mengantarkan
C. Menyarankan saudara Anda untuk naik angkutan umum menuju bandara karena restoran sedang ramai
D. Meminta saudara Anda untuk menunggu karena restoran ramai dan mengantarkan ke bandara setelah restoran sepi
E. Meminta teman untuk mengantarkan saudara anda ke bandara karena restoran ramai sehingga anda tidak dapat mengantarkan sendiri
JAWABAN CDEBA
Topik profesionalisme saat bekerja, indikator tanggang jawab terjadap pekerjaan yang harus didahulukan, komitmen terhadap profesi, jadi tetap harus fokus pada pekerjaan anda saudara anda bisa naik angkutan umum, sifatnya tidak yang terlalu penting
SOAL TKP HOTS 11
Anda seorang karyawan yang memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan. Suatu hari anda dihadapkan dengan pekerjaan yang sangat banyak dan semuanya memiliki deadline yang sama. Sebagai karyawan yang profesional apa yang anda lakukan
A. Menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline dengan hasil sebisanya
B. Memilih lembur dengan harapan mendapat tambahan gaji berupa uang lembur
C. Pulang sesuai jadwal dengan meninggalkan setumpuk pekerjaan di meja untuk dikerjakan besok
D. Melapor pada atasan bahwa anda butuh bantuan karyawan lain dalam menyelesaikan tugas yang banyak
E. Membawa tugas tersebut ke rumah dan mengerjakannya dirumah sampai larut malam
JAWABAN DABCE
Topik integritas dalam bekerja, indikator tetap bertanggung jawab terhadap pekerjaan, ketika terjadi masalah bicarakan kepada atasan jika tidak memungkinkan untuk anda atasi sendiri
SOAL TKP HOTS 12
Karena terjadinya beberapa permasalahan di perusahaan anda yang mengakibatkan terjadinya penurunan financial. Hal ini tentu saja berdampak bagi kelangsungan seluruh komponen perusahaan termasuk karyawan, apa yang akan anda lakukan
A. Tetap bekerja dengan baik seperti hari hari sebelumnya
B. Membuat strategi baru untuk meningkatkan hasil kinerja
C. Mempelajari hal yang mungkin jadi penyebab penurunan tersebut
D. Sebagai karyawan saya akan mengikuti arahan dari atasan dan kebijakan perusahaan
E. Tetap bertahan di perusahaan dan miminta perusahaan mencari jalan keluar
JAWABAN BCAED
Topik semangat berprestasi dengan selalu mau belajar dan mengembangkan diri memperoleh ilmu baru, pengetahuan dan belajar hal hal baru untuk menyelesaikan dan mencari solusi dari masalah yang sedang di hadapi, perusahaan butuh orang orang kreatif dan punya semangat yang besar dan mampu membawa perusahaan keluar dari kesulitan untuk memajukan
Dapatkan juga Kumpulan Contoh Soal CPNS – DISINI
Simulasi CAT Online – DISINI
Join Channel Telegram InfoASN – DISINI
Semoga bermanfaat ..!!!
View Comments
Terima kasih agan ini sangat membantu ..izin download ya
kok ngk ad tnda download ya?