Contoh Soal TKP HOTS Paket 4

2

infoASN.id – Contoh Soal TKP HOTS Paket 4

Contoh-Soal-TKP-HOTS-infoasn

Berikut Admin akan membagikan beberapa CONTOH SOAL TKP HOTS (TES KARAKTERISTIK PRIBADI) Paket 4 dengan skor jawaban (54321)

SOAL TKP HOTS 1

Karena banyaknya tugas team yang harus diselesaikan anda meminta bantuan teman anda untuk mengerjakan sebuah tugas yang deadline juga bersamaan dengan tugas team yang lain. Namun di tengah proses pengerjaan tugas tersebut kelihatannya teman anda kurang bersemangat mengerjakannya, apa yang anda lakukan

A. Menanyakan hal yang membuatnya tidak bersemangat

B. Mengamati dan mencari tahu akar permasalahannya

C. Menyemangati teman untuk mengerjakannya

D. Mengobrol dan mengingatkan teman akan target pengerjaan seharusnya

E. Meminta agar tugas tersebut dapat diselesaikan tepat waktu

Pembahasan

JAWABAN ECDAB

Topik kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, Indikator tanggung jawab terhadap pekerjaan, inisiatif, fokus, serius dan konsisten agar pekerjaan cepat selesai bekerja dengan cepat, tepat dan sesuai prosedur agar bisa diselesaikan tepat waktu.

 

SOAL TKP HOTS 2

Siang ini anda berkunjung kesebuah tempat wisata, karena hari libur tentu saja pengunjung sangat ramai. Padaa saat pembelian tiket masuk objek wisata antrian sangat panjang, kemudian anda melihat seorang ibu hamil sedang mengantri selang 10an antrian di belakang anda. Ibu tersebut kelihatan sangat lelah ditambah lagi cuaca pada saat itu panas, apa yang anda lakukan
A. Meminta ibu tersebut untuk mengambil antrian anda

B. Meminta ibu tersebut untuk berpindah ke antrian di depan anda

C. Bertukar posisi antrian dengan ibu tersebut

D. Antri seperti biasa karena kondisi antrian sangat panjang

E. Menyuruh ibu tersebut untuk antri di dekat anda

Pembahasan

JAWABAN CADEB

Topik orientasi pada orang lain, Indikator kepedulian terhadap orang lain, tidak acuh tak acuh, mempunyai empati, dapat anda lakukan dengan cara bertukar posisi antrian dengan ibu tersebut sehingga tidak menimbulkan konflik

 

SOAL TKP HOTS 3

Siang ini anda sedang melayani banyak nasabah di kantor anda, antrian cukup panjang. Kemudian ada seorang kakek kakek umur 70 tahun juga ikut mengantri. Karena terlalu lama dan antrian panjang, kakek tersebut meminta untuk dilayani terlebih dahulu, sikap anda

A. Minta maaf, Meminta kakek tersebut untuk antri sesuai dengan nomer antrian

B. Minta maaf, Meminta untuk tetap antri karena pelayanan didasarkan kepada jadwal kedatangan

C. Langsung melayani kakek tersebut karena dia sudah tua

D. Melayani kakek tersebut kemudian memberikan pengertian kepada pelanggan yang lain

E. Memberikan pengertian kepada yang lain dan melayani kakek tersebut

Pembahasan

JAWABAN EDCAB

Topik orientasi pada pelayanan, kita harus memberikan pelayanan yang baik, cepat dan berorientasi kepuasaan pelanggan, dalam kasus diatas kita boleh mendahulukan kakek tersebut, dengan menjelaskan kepada yang lain terlebih dahulu agar mereka juga merasa dihargai, pada pelayanan wanita hamil, lansia, ibu menyusui mendapatkan prioritas utama pelayanan.

 

SOAL TKP HOTS 4

Sebagai seorang calon ASN kita dituntut untuk cermat dalam bermedia sosial. Di era milinial sekarang ini marak berita dan informasi hoax di media sosial yang disebarkan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab membuat banyak orang mudah terprovokasi, berdebat kusir, sikap anda mangatasi hal ini

A. Membatasi penggunaan media sosial yang penting penting saja

B. Mengenali sumber berita akurat atau tidaknya

C. Mengenali dari judul berita terkadang terkesan provokatif

D. Membacanya saja kemudian tidak mengambil pusing informasi tersebut

Baca Juga :  Contoh Soal TKP HOTS Paket 5

E. Membaca keseluruhan informasi secara lengkap

Pembahasan

JAWABAN BECAD

Topik teknologi informasi dan komunikasi, kita harus pinter dalam bermedia sosial karena hal ini juga memudahkan kita untuk saling berinteraksi dan memberikan kemudahan untuk permasalahan diatas bisa dengan mengecek sumber berita yang teruji kredibilitasnya

 

SOAL TKP HOTS 5

Sebuah perusahaan harusnya juga peka terhadap kebutuhan karyawannya. Jangan hanya menuntut untuk bekerja cepat, tepat. Tapi juga mengerti permasalahan dari karyawan. Contohnya saja seperti isu keluarga atau keuangan bisa saja mengganggu konsentrasi karyawan dalam bekerja sehingga membuat kinerjanya menurun, harusnya

A. Perusahaan bisa memberikan gaji yang lebih besar kepada karyawan

B. Memberikan bonus pada karyawan yang berkinerja bagus

C. Membuat kebijakan baru, pinjaman karyawan.

D. Meminta setiap pimpinan divisi mau membantu bawahan yang sedang bermasalah dalam keuangan

E. Memberikan akses untuk karyawan berbisnis sampingan di perusahaan

Pembahasan

JAWABAN CABDE

Topik orientasi kepada orang lain, kita harus peka dan peduli terhadap permasalahan orang dan berempati jika bisa membantu maka lakukanlah, seperti kasus diatas dengan diadakannya pinjaman karyawan akan membantu mereka dan mereka juga akan lebih bekerja dengan focus

 

SOAL TKP HOTS 6

Suatu hari anda dimarahi oleh atasan anda karena telat mrngumpulkan laporan kerja, sehingga anda di nilai kurang bertanggung jawab dan membuat image anda buruk. Sedangkan fakta anda telat mengumpulkan tugas tersebut karena printer yang akan anda gunakan bermasalah, sikap anda

A. Meminta maaf kepada atasan dan berjanji tidak mengulangi hal yang sama

B. Minta maaf dan menjelaskan bahwa kesalahan tersebut bukan semata mata karena anda

C. Menjelaskan bahwa printer untuk anda mencetak laporan bermasalah

D. Minta maaf dan menjelaskan jika keterlambatan anda karena printer perusahaan yang bermasalah

E. Tidak terima karena seharusnya perusahaan juga memfasilitasi semua sarana penunjang kerja karyawan

Pembahasan

JAWABAN DCBAE

Topik kemampuan mrngendalikan diri, kita dituntut untuk tetap tidak gegabah dalam bersikap dan memberikan respon, sebaiknya jelaskan dengan santun jika hal tersebut karena fasilitas kantor yang tidak bisa digunakan, sehingga atasan tau dan bisa melakukan evaluasi juga, selalu terbuka dan berkomunikasi dua arah jika terdapat masalah

 

SOAL TKP HOTS 7

Kita hidup di negara yang memiliki ragam kepercayaan, budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda. Di perusahaan anda sendiri terdiri dari orang orang yang berbeda latarbelakang, banyak karyawan muslim yang mengeluhkan sulitnya beribadah karena ketersediaan tempat atau pada jam untuk beribadah mereka harus tetap bekerja, sikap anda

A. Akan memfasilitasi tempat untuk beribadah mereka di lingkungan perusahaan

B. Mendiskusikan hal ini dengan jajaran pimpinan dan pemilik perusahaan untuk dicari solusinya

C. Karena pemilik perusahaan seorang non muslim, maka itu sudah menjadi aturan yang harus dipatuhi karyawan

D. Memberikan kebijakan yang bersifat toleran kepada karyawan

E. Bersifat toleran dan menyediakan semua fasilitas ibadah karyawan

Pembahasan

JAWABAN BEADC

Topik sosial budaya, kita harus memberikan sarana dan prasarana bagi karyawan dan memfasilitasinya termasuk dalam urusan keyakinan kita harus bersikap toleransi dan menghargai hak orang lain keputusan ini tentu harus kita diskusikan dengan perusahaan dan tidak bisa diputuskan sendiri karena kita berada dalam sebuah organisasi

 

SOAL TKP HOTS 8

Suatu hari anda akan mengadakan audit kesebuah sekolah yang lokasinya cukup jauh dan hanya bisa ditempuh dengan perjalanan darat. Ditengah perjalanan mobil yang anda bawah mengalami kecelakaan padahal mobil tersebut adalah mobil pinjaman. Untuk memperbaiki mobil tersebut anda harus mengeluarkan uang sangat banyak. Setelah mobil di servis setelah menunggu 3 jam, anda kembali melanjutkan perjalanan. Ketika akan pulang kepala sekolah memberikan sejumlah uang, sikap kamu

Baca Juga :  Contoh Soal TKP HOTS Paket 3

A. Menerima uang transport tersebut jika tidak diketahui oleh rekan tim yang lainnya

B. Mengembalikan uang transport secara tegas dan halus

C. Menolak karena kamu tahu itu bentuk gratifikasi

D. Menolak karena disuruh atasan untuk bekerja dengan jujur dan bebas KKN

E. Marah karena kepala sekolah telah berusaha untuk menyogok

Pembahasan

JAWABAN CBDEA

Topik integritas diri, Indikator kejujuran, berpegang teguh pada prinsip tidak mudah terpecah antara tindakan sikap dan perbuatan, selalu bertindak sesuai kode etik organisasi, jangan melibatkan diri dalam hal hal yang buruk dan mengarah kepada kecurangan, korupsi, gratifiksi dll, harus berkomitmen, jujur dan berprinsip sesuai kode etik

 

SOAL TKP HOTS 9

Banyak karyawan dari perusahaan yang anda pimpin tiba tiba mengundurkan diri, diantaranya merupakan kariawan yang berprestasi dan berkinerja baik, anda mengetahui jika kebanyakan alasan pengunduran diri karyawan tersebut adalah karena perusahaan tidak memberi kesempatan pada karyawannya untuk mengembangkan diri, disisi lain keuangan perusahaan sedang tidak memungkinkan untuk hal tersebut, sedangkan jika hal ini terus di biarkan akan berdampak buruk dan merugikan perusahaan anda karena kehilangan SDM yang bagus, sikap anda

A. Memberikan karyawan kesempatan untuk mengembangkan diri dengan cara mengikutkan seminar

B. Memberikan karyawan kesempatan pengembangan diri dengan mengikutkan pelatihan

C. Semua perusahaan ingin karyawannya berkembang tapi karena kondisi keuangan perusahaan sedang tidak mendukung hal ini tidak terhindarkan

D. Pimpinan sendiri harus memberikan pembekalan tersebut agar karyawan bisa mengembangkan dirinya ke arah yang lebih baik.

E. Pemilik perusahaan harusnya lebih peka terhadap karyawan dan memfasilitasi pengembangan diri mereka

Pembahasan

JAWABAN DECBA

Topik kemampuan mengkoordinir orang lain, sebagai pemimpin yang baik kita harus peka terhadap pengembangan diri karyawan jangan hanya menuntut karyawannya untuk kerja cepat, tepat, dan sesuai dengan prosedur, untuk masalah di atas pimpinan bisa memberikan pembekalan langsung dan pelatihan

 

SOAL TKP HOTS 10

Dalam dunia kerja, Anda akan bertemu dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda. Terkadang ada orang yang cuek dan tidak mau tau, ada juga yang sangat aktif mengkritik dan menyuarakan pendapatnya terhadap anda, sikap anda

A. Bersifat terbuka terhadap kritik atau masukkan

B. Menjadikan kritikan sebagai masukan yang membangun agar Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

C. Saya jadikan kritikan sebagai bahan evaluasi diri

D. Berusaha menerima setiap kritikan yang dilontarkan untuk anda

E. Memahami karakter setiap orang yang anda temui

Pembahasan

JAWABAN ABCDE

Topik kemampuan mengendalikan diri, indikator kesadaran diri, dan bersikap dewasa dalam menghadapi permasalahan agar tujuan tercapai, kita harus bersifat terbuka dan tidak mudah tersulut emosi jika ada orang lain yang mengkritik kita, terkadang kritikan bisa menjadikan anda menjadi orang yang lebih baik dan evaluasi diri

 
Dapatkan juga Kumpulan Contoh Soal CPNS – DISINI
Tryout Online Gratis – DISINI
Join Channel Telegram InfoASN – DISINI

Semoga bermanfaat ..!!!

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.