infoASN.id – Rumpun Jabatan Fungsional, Berikut Penjelasannya

Rumpun Jabatan Fungsional PNS

Jabatan Fungsional adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seorang Pegawai Negeri Sipil dalam suatu organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya di dasarkan pada keahlian/ dan atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri.

Jabatan fungsional pada hakekatnya adalah jabatan teknis yang tidak tercantum dalam struktur organisasi namun sangat diperlukan dalam tugas – tugas pokok dalam organisasi pemerintah.

Jabatan fungsional terdiri dari beberapa rumpun jabatan yang ditetapkan oleh Presiden atas usul Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Rumpun Jabatan Fungsional, inilah jenis-jenisnya :

1. Rumpun Fisika, kimia dan yang berkaitan
adalah rumpun jabatan fungsional PNS yang kegiatannya berhubungan dengan penelitian, peningkatan atau pengembangan konsep, teori dan metode operasional serta pelaksanaan kegiatan teknis yang berhubungan dengan penerapan ilmu pengetahuan di bidang ilmu fisika, astronomi, meteorologi, kimia dan geofisika.

Rumpun Jabatan Fungsional ini meliputi:

  • Pengamat Meteorologi dan Geofisika,
  • Pengawas Radiasi,
  • Pengamat Gunung Api,
  • Pranata Nuklir.
Baca Juga :  Download Permenpan 26 Tahun 2016

2. Rumpun Matematika, Statistik dan yang berkaitan
adalah rumpun jabatan fungsional PNS yang kegiatannya berhubungan dengan penelitian, peningkatan atau pengembangan konsep, teori matematika aktuaria atau konsep statistika dan mengaplikasikannya pada bidang teknik, ilmu pengetahuan alam dan sosial serta melaksanakan kegiatan teknis yang berhubungan dengan penerapan konsep, prinsip dan metode operasional ilmu matematika, statistika dan aktuaria.

Rumpun Jabatan Fungsional ini meliputi:

  • Peneliti dan
  • Statistisi.

3. Rumpun ke Komputeran
adalah rumpun jabatan fungsional PNS yang kegiatannya berhubungan dengan penelitian, peningkatan atau pengembangan konsep, teori dan metode operasional serta penerapan ilmu pengetahuan di bidang perencanaan, pengembangan dan peningkatan sistem yang berbasis komputer, pengembangan perangkat lunak, prinsip dan metode operasional, pemeliharaan kamus data dan sistem manajemen, database untuk menjamin integritas dan keamanan data serta membantu pengguna komputer dan perangkat lunak standar, mengontrol dan mengoperasikan komputer dan peralatannya, melaksanakan tugas-tugas pemprograman yang berhubungan dengan pemasangan dan pemeliharaan perangkat keras dan perangkat lunak.

Baca Juga :  Download Peraturan Bersama Kepala BATAN No. 12 Tahun 2014 Dan Kepala BKN No. 33 Tahun 2014

Rumpun Jabatan Fungsional ini meliputi Pranata Komputer.

4. Rumpun Arsitek, Insinyur & yang berkaitan
adalah rumpun jabatan fungsional PNS yang tugasnya melakukan penelitian, meningkatkan dan mengembangkan konsep, teori dan metode operasional, menerapkan pengetahuan dan kegiatan teknis yang berhubungan dengan penerapan konsep, prinsip dan metode operasional di bidang arsitektur dan teknologi serta efesiensi dalam proses produksi.

Rumpun Jabatan Fungsional ini meliputi:

  • Penyelidik Bumi, Penata Ruang,
  • Surveyor Pemetaan,
  • Teknik Jalan dan Jembatan,
  • Teknik Pengairan,
  • Teknik Tata Bangunan dan
  • Perumahan, Teknik Penyehatan Lingkungan.

5. Rumpun Penelitian dan Perekayasaan
adalah jabatan fungsional PNS yang tugasnya berkaitan dengan penelitian, peningkatan atau pengembangan konsep, teori dan metode operasional yang berhubungan dengan bidang penelitian dan perekayasaan dan melakukan kegiatan teknis yang berhubungan dengan penelitian dan perekayasaan.

Rumpun Jabatan Fungsional ini meliputi:

  • Teknisi Penelitian dan Perekayasaan,
  • Perekayasa.