infoASN.id – Alur Pemutakhiran Data Mandiri ASN
Pemutakhiran Data Mandiri adalah proses peremajaan dan pembaharuan data secara mandiri yang bertujuan untuk mewujudkan data yang akurat, terkini, terpadu, berkualitas baik sehingga dapat menciptakan interoperabilitas Data ASN.
Aparatur Sipil Negara (PNS dan PPPK) dan Pejabat Pimpinan Tinggi Non-ASN wajib mengikuti Pemutakhiran Data Mandiri ASN.
Berikut penjelasan singkat terkait Alur Pemutakhiran Data Mandiri
- Unduh Aplikasi MySAPK
ASN dan PPT ASN dapat mengunduh aplikasi Mysapk melalui link https://pdm-asn.bkn.go.id atau mengunduh melalui google playstore dengan memilih Mysapk Ver.2.1
- Login MySAPK
Pengguna dapat login dan melakukan aktivasi akun MySAPK dengan mengikuti alur berikut ini :
* Jika email yang diinput tidak sesuai maka hubungi instansi untuk dilakukan perbaikan email - Cek dan Verifikasi Data
Pengguna dapat melakukan pengecekan dan verifikasi data pada MySAPK sesuai alur berikut : - Usul Pemutakhiran Data
Pengguna dapat melakukan usul pemutakhiran data mandiri, apabila data yang tersimpan saat ini tidak sesuai dengan data terkini. Usul pemutakhiran data untuk setiap Riwayat hanya dapat dilakukan untuk satu data terakhir/terkini berikut dengan dokumen pendukung masing-masing.
- Verifikasi dan Approval Data
Usul pemutakhiran data oleh ASN dan PPT Non ASN akan di verifikasi dan approval oleh Instansi dan BKN sesuai dengan kewenangan data masing-masing. Apabila data yang diusulkan sesuai dengan dokumen pendukung maka akan dilakukan approval oleh verifikator Instansi dan BKN, sedangkan jika data yang diusulkan tidak sesuai maka akan ditolak oleh verifikator Instansi. Seluruh proses pengusulan pemutakhiran data dapat dimonitoring oleh pengguna melalui aplikasi MySapk.Cara Penyelesaian Permasalahan Terkait Data ASN – DI SINI
Demikian informasi Alur Pemutakhiran Data Mandiri ASN
Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Alur Pemutakhiran Data Mandiri ASN” bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.