Sekolah Kedinasan STIS, Lulus Jadi CPNS

10275


infoASN.id – Sekolah Kedinasan STIS, Lulus Jadi CPNS, Politeknik Statistika STIS adalah perguruan tinggi kedinasan/sekolah kedinasan di lingkungan Badan Pusat Statistik. Pembinaan secara fungsional Politeknik Statistika STIS dilaksanakan oleh Kepala Badan Pusat Statistik, namun secara pembinaan secara teknis akademik dilaksanakan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi dalam hal ini adalah Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Lulusan Program Diploma III akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan II/c dan akan ditugaskan di seluruh wilayah Indonesia.

Lulusan Program Diploma IV akan diangkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan III/a dan akan ditugaskan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lembaga/Instansi lainnya di seluruh wilayah Indonesia.

Selama masa pendidikan, mahasiswa dibebaskan dari biaya pendidikan (tanpa uang saku).

Sejarah Sekolah Kedinasan STIS

Politeknik Statistika STIS yang dikenal saat ini mempunyai catatan riwayat yang cukup panjang dalam pembentukannya, dimulai dengan berdirinya Akademi Ilmu Statistik (AIS) sampai menjadi Politeknik Statistika STIS seperti sekarang.

Pada tanggal 11 Agustus 1958, Perdana Menteri Republik Indonesia waktu itu, Ir. H. Djuanda, mengeluarkan Surat Keputusan No. 377/PM/1958 tentang berdirinya Akademi Ilmu Statistik.

Tujuan utama pendidikan AIS adalah mendidik tenaga pelaksana kegiatan statistik pada tingkat semi ahli yang mampu melaksanakan dan mengembangkan perstatistikan nasional. Tiga tahun kemudian AIS sudah menghasilkan lulusan.

Pada awalnya AIS mendapat bantuan dana dan tenaga ahli dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bantuan disalurkan melalui Statistical Research and Development Centre yaitu lembaga yang didirikan oleh Pemerintah Indonesia c.q. Biro Pusat Statistik (BPS) bekerjasama dengan badan PBB, United Nations Development Programme (UNDP).

Pada tahun 1964 BPS membuka Perguruan Tinggi Ilmu Statistik (PTIS) dengan mahasiswa yang terdiri dari lulusan AIS dan dosen yang berasal dari PBB. Tujuannya adalah meningkatkan pendidikan untuk lulusan AIS.

Namun pada tahun 1965 bantuan ini terhenti karena Indonesia keluar dari PBB, dan sejak saat itu PTIS ditutup. Walaupun PTIS sudah tidak beroperasi, AIS tetap melaksanakan proses pendidikan.

Berdirinya Sekolah Kedinasan STIS

Dengan persetujuan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) melalui Surat No. 295/D/T/97 tanggal 24 Pebruari 1997 tentang diijinkannya Badan Pusat Statistik (BPS) menyelenggarakan Program Pendidikan Diploma IV, kemudian diterbitkan Keppres No. 163 Tahun 1998 tentang STIS di bawah naungan BPS, maka sejak saat itu berdirilah STIS dengan dua jurusan yaitu jurusan Statistika dan jurusan Komputasi Statistik.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi menyatakan bahwa Sekolah Tinggi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu rumpun ilmu pengetahuan dan/atau teknologi tertentu dan jika memenuhi syarat, sekolah tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Dengan demikian, bentuk kelembagaan Sekolah Tinggi tidak lagi sesuai bagi STIS yang tidak menyelenggarakan pendidikan akademik.

Baca Juga :  Beginilah Tahapan Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) IPDN 2019

Oleh karena itu, STIS mengubah bentuk kelembagaannya menjadi Politeknik yang merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dan jika memenuhi syarat, politeknik dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Pada tanggal 3 Oktober 2016 Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia menerbitkan Surat keputusan Nomor 429/KPT/I/2016 tentang Pembukaan Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma Empat, Program Studi Statistika Program Diploma Empat, dan Program Studi Statistika Program Diploma Tiga dalam rangka perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik menjadi Politeknik Statistika STIS di Jakarta yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik.

Kemudian disusul oleh Surat Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia kepada Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 179/M/IX/2016 tanggal 9 September 2016 tentang Rekomendasi Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik menjadi Politeknik Statistika STIS.

Selanjutnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia juga mengeluarkan Surat Nomor B/479/M.KT.01 2017 pada tanggal 19 September 2017 yang menyetujui perubahan status Sekolah Tinggi Ilmu Statistik menjadi Politeknik Statistika STIS. Kemudian, pada tanggal 17 Oktober 2017 diterbitkan Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik No 87 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Statistika STIS.

Pada akhirnya, Politeknik Statistika STIS resmi di-launching pada tanggal 28 Maret 2018.

Lambang Sekolah Kedinasan STIS

Logo Sekolah Kedinasan STIS
Makna lambang Politeknik Statistika STIS:

  1. lingkaran, melambangkan sifat adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan;
  2. diagram balok (bar chart), melambangkan ilmu statistik;
  3. 3 (tiga) buah balok, melambangkan Tridharma Perguruan Tinggi;
  4. tali berbentuk oval yang mengikat balok, melambangkan ikatan yang menyatukan 3 (tiga) kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dalam mencapai visi Politeknik Statistika STIS;
  5. lidah api sebanyak 4 (empat) buah, melambangkan semangat, motivasi serta energi yang tidak pernah padam pada sivitas akademika untuk terus berjuang memberikan hasil terbaik dalam bidang ilmu statistik;
  6. sepasang sayap yang mengembang, melambangkan keinginan untuk terbang tinggi menjadi perguruan tinggi yang unggul di bidang ilmu statistik;
  7. mata pena, melambangkan ketajaman berpikir sivitas akademika dalam memaknai data statistik dalam membangun bangsa.

Makna warna pada lambang:

  1. Warna biru, hijau dan jingga melambangkan 3 (tiga) kegiatan sensus besar yang dilakukan Badan Pusat Statistik, yaitu: biru untuk sensus penduduk, hijau untuk sensus pertanian dan jingga untuk sensus ekonomi. Gradasi pada warna biru dan jingga untuk memunculkan kesan kampus yang modern dan dinamis.
  2. Warna Putih pada tulisan POLITEKNIK STATISTIKA STIS melambangkan kemurnian ilmu statistik.

Penggunaan lambang

Setiap kegiatan mahasiswa yang mengatasnamakan institusi Politeknik Statistka STIS wajib menggunakan lambang Politeknit Statistika STIS, misalnya kop surat, jaket PKL, spanduk dan lain-lain.

Sekolah Kedinasan STIS

Pada tahun 2019 yang lalu, ada 3 Program Studi yang dibuka pendaftarannya oleh Sekolah Kedinasan STIS, antara lain:

Program Studi Statistika Program Diploma III

Tujuan Prodi D-III Statistika adalah:

  1. menghasilkan ahli madya statistika yang memiliki profil sebagai manajer kegiatan statistik, pengolah dan penyaji data, analis data, dan petugas survei yang berkualitas, unggul, dan memiliki integritas serta mengikuti perkembangan IPTEK;
  2. menghasilkan penelitian yang bermanfaat dalam pengembangan dan penerapan ilmu statistik, khususnya official statistics;
  3. menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pemanfaatan statistik (khususnya official statistics) serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Baca Juga :  Sekolah Kedinasan IPDN, Lulus Jadi CPNS

Program Studi Statistika Program Diploma IV

Tujuan Prodi D-IV Statistika adalah

  1. meningkatkan kuantitas dan kualitas ahli statistika terapan yang profesional, berintegritas dan amanah;
  2. meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian yang berhubungan dengan statistika terapan yang bermanfaat bagi masyarakat;
  3. meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang manfaat statistika bagi masyarakat, terutama dalam perencanaan dan pemecahan masalah.

Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma IV

Tujuan Prodi D-IV Komputasi Statistik adalah

  1. menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam rangka menghasilkan ahli komputasi statistik yang unggul dan berkualitas;
  2. melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi di bidang komputasi statistik untuk mendukung kegiatan perstatistikan di tingkat nasional dan internasional;
  3. melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan solusi permasalahan di bidang komputasi statistik.

Persyaratan Pendaftaran pada Sekolah Kedinasan STIS

Untuk dapat mengikuti proses seleksi PMB Ikatan Dinas Politeknik Statistika STIS, pendaftar memenuhi syarat-syarat berikut:

A. Persyaratan Umum

  1. Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), tidak buta warna (baik total maupun parsial) dan bebas narkoba;
  2. Lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS; atau
  3. Calon lulusan SMA/MA Jurusan IPA/IPS Tahun Ajaran 2018/2019 kelas XII;
  4. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris minimal 70,00 (skala 1-100) atau 2,80 (skala 1-4,00) pada rapor kelas XII semester I;
  5. Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun (sesuai pengumuman);
  6. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS;
  7. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
  8. Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS;
  9. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;
  10. Setelah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lembaga/Instansi lainnya sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai tingkat Kabupaten/Kota;

B. Persyaratan Khusus untuk Program Diploma III

Domisili pendaftar dari Provinsi di seluruh Indonesia kecuali provinsi di Pulau Jawa dan Bali yang dibuktikan dengan kartu keluarga.

Baca juga :

Informasi resmi lebih lanjut mengenai pendaftaran mahasiswa baru Politeknik Statistika STIS dapat diakses melalui web https://spmb.stis.ac.id/ serta akun media sosial resmi STIS

Referensi : stis.ac.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

14 + fourteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.