Inilah Kendala dan Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Pendaftaran Online CPNS/PPPK

0

infoASN.id – Inilah Kendala dan Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Pendaftaran Online CPNS/PPPK

Kendala-dan-Kesalahan-Yang-Sering-Terjadi-Saat-Pendaftaran-Online-CPNS-PPPK

Pada tahun 2019 berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Negara dan KemenpanRB, bahwa pemerintah mempersiapkan alokasi 254.173 ribu ASN.

Alokasi untuk Pemerintah Pusat berjumlah 46.425 formasi yang terdiri dari CPNS dan PPPK serta alokasi Pemerintah Daerah berjumlah 207.748 formasi yang terdiri dari CPNS dan PPPK.

cpns 2019 kuota PPPK 2019

Seleksi tahap awal dalam proses rekrutmen CPNS/PPPK adalah seleksi administrasi yang dilakukan secara online, dimana pelamar diminta untuk mendaftar secara online dan mengupload dokumen persyaratan (sesuai pengumuman instansi) pada portal https://sscasn.bkn.go.id.

Baca Juga : Inilah 5 Berkas Penting Yang Wajib Disiapkan Untuk Melamar CPNS dan PPPK 2019

Berikut Beberapa Kendala dan Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Pendaftaran Online CPNS/PPPK

1. Salah menginput NIK KTP dan KK
Sebelum mendaftar secara online, pastikan terlebih dahulu nomor NIK dan nomor KK sudah sesuai. Jika terjadi kesalahan input, maka data tidak ditemukan dan proses pembuatan akun gagal. Oleh karena itu pastikan kedua dokumen tersebut telah disiapkan sebelum proses pendaftaran awal.

2. NIK dan KK tidak ditemukan
Jika NIK atau Nomor KK tidak ditemukan, segera konsultasi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk perbaikan data.

3. Salah menginput Data Pribadi
Pastikan data yang diisi adalah data yang sebenarnya, misalnya nama, tempat tanggal lahir, universitas nomor ijazah, nilai, akreditasi dll.

4. Nama Ijazah Tidak Sesuai dengan Nama pada KTP
Jika ada perbedaan data atau nama anatara ijazah dan KTP, maka pada saat input data nama dalam proses pendaftaran online, nama yang diinput adalah nama sesuai ijazah terakhir, selanjutnya silahkan segera ke Disdukcapil untuk melakukan perbaikan data kependudukan.

Baca Juga :  Tips Trik Mengatur Waktu Menjawab Soal CPNS 2019

5. Formasi yang dilamar tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan
Saat kita melamar pada formasi jabatan instansi, agar diperhatikan dengan benar kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan untuk jabatan tersebut. Jangan sampai salah dan berbeda, karena hal ini akan berakibat fatal dan pelamar tidak akan lulus seleksi administrasi.

6. Input Data Ijazah Tidak Benar
Kita harus berhati-hati dalam mengisi data pada kolom ijazah, transkrip nilai dan tanggal ijazah, jangan sampai data yang diinput berbeda dengan data ijazah/transkrip nilai, hal ini bisa saja berakibat fatal dan pelamar bisa tidak lulus seleksi administrasi.

7. Kesalahan Upload Dokumen Pesyaratan
Dokumen yang diupload harus sesuai dengan kolom upload dokumen yang diminta. Oleh karena itu jangan sampai terjadi kesalahan upload dokumen yang tidak sesuai dengan kolomnya. Contoh kesalahan sederhana misalnya upload dokumen KTP pada kolom dokumen swafoto, dll. Hal ini akan berakibat fatal sehingga tidak lulus seleksi administrasi.

8. Tidak mengupload Ijazah beserta transkrip nilai yang asli
Kolom yang tersedia dalam Aplikasi SSCN pada tahun 2018 untuk kolom upload ijazah hanya ada 1 kolom saja, dan tidak ada kolom upload transkrip nilai. Dokumen yang discan harus dokumen yang asli jangan fotocopy, selain untuk scan ijazah dan transkrip nilai kedua dokumen tersebut dapat digabungkan menjadi 1 file. Caranya bisa menggunakan aplikasi gabung PDF secara online.

Baca Juga :  Tips Lulus SKD - Seleksi CPNS Dibuka November, Ayo Atur Strategi ikuti Saran Psikolog Ini

9. Upload dokumen seringkali gagal
Kegagalan bisa saja terjadi karena kendala jaringan, atau besarnya file dokumen melebihi yang telah ditetapkan oleh portal sscasn. Oleh karena itu sebelum melakukan proses upload agar dipastikan besar file dokumen tidak melebihi besaran file yang dipersyaratkan.

10. Dokumen yang diupload corrupt dan tidak bisa dibuka saat verifikasi
Sebelum melakukan submit pendaftaran agar dicek kembali setiap dokumen yang diupload apakah bisa terbuka atau file corrupt. Jika hal ini terjadi bisa saja menjadi faktor penyebab ketidak lulusan saat verifikasi dokumen.

11. Foto selfie tidak sesuai persyaratan.
Saat foto selfie, pelamar harus foto sesuai petunjuk yaitu memegang KTP dan Kartu Akun Pendaftaran. Jika saat selfie tidak memegang kedua dokumen tersebut, maka bisa jadi penyebab tidak lulus seleksi administrasi.

Dari beberapa kendala dan kesalahan yang terjadi tersebut diatas, sebelum melakukan proses pendaftaran admin mengingatkan agar semua dokumen yang akan diupload dipersiapkan terlebih dahulu secara matang.

Sebelum melakukan submit pendaftaran agar dicek kembali isian data dan dokumen yang telah diupload. Jika tombol submit telah ditekan, maka data yang diinput dan dokumen yang telah diupload tidak bisa diperbaiki kembali.

Untuk tanya jawab dalam persiapan pendaftaran silahkan bergabung dalam grup diskusi aplikasi TELEGRAM DISINI.

Latihan soal CPNS DISINI

Simulasi CAT Online Gratis DISINI

Demikian beberapa informasi terkait Kendala dan Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Pendaftaran Online CPNS/PPPK, semoga artikel ini membantu dan bermanfaat.

#SEMOGAJADIASN2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.